Viral Pedagang Tahu Bulat Goreng-Jualan Pakai Suzuki Karimun, Unik Sih Tapi..

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 15:45 WIB
Penjual tahu bulat mirip Shin Tae-yong
Foto: TikTok @destasuryanto
Jakarta -

Pedagang tahu bulat pada umumnya sering berjualan menggunakan mobil pikap. Namun lain halnya dengan pedagang tahu bulat yang satu ini, ia justru memilih menggunakan mobil penumpang untuk berjualan keliling tahu bulat.

Video pedagang tahu bulat yang berjualan menggunakan mobil penumpang sempat viral di TikTok. Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun @If80diesel1997 dan hingga kini telah ditonton oleh ratusan ribu netizen.

Dalam video tersebut menampilkan sebuah mobil Suzuki Karimun berkelir silver, lalu bagian belakangnya dirombak menjadi tempat berjualan tahu bulat keliling. Terlihat juga ada wajan untuk menggoreng, wadah untuk menaruh tahu dan sotong yang sudah digoreng, dan beberapa botol yang berisikan bumbu kering.

Pada video itu juga terlihat seorang pria yang diketahui merupakan penjualnya tengah membuat pesanan tahu bulat untuk seorang konsumen. Agar pelanggan bisa memesan tahu bulat dengan mudah, pintu bagasi belakang sengaja dibuka.

"Guys, ini tukang tahu bulatnya orang Bandung, kemarin lagi kerja ketemu abangnya karena lucu pakai Karimun, di daerah Buah Batu jualannya," tulis keterangan pemilik akun @If80diesel1997 di kolom komentar.

Lantas, video yang viral tersebut membuat sejumlah netizen memberikan tanggapannya di kolom komentar. Sejumlah warganet berujar jika di kota tempat tinggalnya juga sering ditemukan penjual dagangan makanan menggunakan mobil penumpang.

@lf80diesel1997

pasti abang nya gabut

♬ original sound - Arif Setyawan - Lord Arif

"Di Medan jualan di pinggir jalan begini ada yang pakai Honda Odyssey terbaru," kata pemilik akun @selimutsenja08

"Di daerah gue jualan cilok pake Xenia," tutur pemilik akun @aoifglnz

Namun, tak sedikit netizen yang mengkhawatirkan pedagang tahu bulat tersebut. Sebab, berjualan makanan menggunakan mobil penumpang dinilai berisiko dan bisa menyebabkan kebakaran.

"Hati-hati kebakaran mas sayang mobilnya Karimun lagi mahal," tulis pemilik akun @ken2ungss di kolom komentar.

"Hati-hati bang, pernah kejadian di sini jualan gitu pake Xenia kebakaran," ungkap pemilik akun @fjtrans

Masak di Dalam Mobil Sah-sah Saja, Asalkan...

Praktisi keselamatan berkendara yang juga founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu beberapa waktu lalu pernah mengatakan, sebenarnya sah-sah saja untuk memasak di dalam mobil. Namun, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi agar tidak berbahaya.

"Karena pada dasarnya harus ada SOP dan aturannya, buktinya mobil seperti campervan bisa masak di dalam, tapi perlu diketahui jika mobil tersebut memiliki kompartemen yang pas, sehingga tetap aman," kata Jusri beberapa waktu lalu.

Walau pedagang tahu bulat tersebut sudah membuka pintu bagasi belakang dan dinilai merupakan langkah yang tepat, akan tetapi memasak di dalam mobil tetap tidak boleh ditiru karena sangat berbahaya.

"Di dalam mobil ada beberapa bahan yang mudah terbakar seperti bahan bakar mobil, oksigen, karpet, hingga plastik. Semua unsur tersebut bisa menjadi penyebab kebakaran secara umum, jika ada pemantiknya saja maka langsung menimbulkan api," jelasnya.

Jusri mengungkapkan, memasak di dalam mobil juga tidak hanya menimbulkan masalah kebakaran tapi juga bagi kesehatan. Soalnya, gas yang terus berada di dalam ruangan tertutup bisa membuat seseorang keracunan.

Pada akhirnya, Jusri mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memasak di dalam mobil. Karena jelas hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain di sekitar.



Simak Video "Tak Cuma Ertiga, Suzuki Siap 'Setrum' Model Lainnya"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)