Kocak! Salah Masuk Transmisi Mundur Pebalap Liar Ini Bakal Malu Seumur Hidup

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 13 Okt 2021 15:55 WIB
Balap liar
Balap Liar salah masuk gigi Foto: doc. carscoops/Reddit.com
Jakarta -

Pengemudi mobil yang satu ini mengalami insiden memalukan saat ingin balapan liar. Bayangkan, ketika start dirinya bukan melesat kencang ke depan tapi justru malah mundur ke belakang sampai menabrak mobil.

Dikutip dari Carscoops, selain dilarang melakukan balap liar, pengendara ini pasti tidak akan pernah melupakan kejadian yang menimpa dirinya. Awalnya, pengemudi yang menggunakan VW Golf R tengah bersiap melaju kencang di jalan raya dan bersaing dengan seorang pebalap liar lainnya yang menggunakan BMW Seri 1 Coupe.

Namun hal tak terduga terjadi, ketika balapan dimulai, sang pengemudi VW Golf R salah memasukkan gigi persneling dan alhasil malah mundur ke belakang.

Sialnya lagi, pengemudi tersebut juga menabrak sebuah mobil Seat Ibiza yang berada di belakang saat tengah antre giliran untuk beraksi. Alhasil, bagian bemper depan mobil yang ditabrak ringsek dan mengeluarkan asap kecil.

Dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, kejadian ini membuat sejumlah penonton yang hadir terkejut saat mobil tersebut malah berjalan mundur. Terlihat juga raut wajah pengemudi tampak kesal dan kecewa setelah mobilnya ditabrak sampai ringsek.

Balap liarBalap liar Foto: doc. carscoops/Reddit.com

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun mobil Seat Ibiza mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan mulai dari bemper, kap mesin, lampu depan, spakbor, hingga mesin yang mengeluarkan asap.

Nahasnya lagi, pengemudi VW Golf R yang menabrak mobil tersebut malah kabur dari ajang balapan liar. Alhasil, pemilik Seat Ibiza terpaksa merogoh kocek dalam-dalam untuk memperbaiki mobilnya sendiri.

Jika diperhatikan dari insiden tersebut, pengemudi VW Golf R ini diperkirakan salah memasukkan tuas persneling. Apabila mobil dilengkapi direct shift gearbox (DSG), pengemudi mungkin memasukkan ke gigi R (Reverse) atau mundur alih-alih ke gigi D (Drive) atau berkendara.

Akan tetapi, jika mobil VW Golf R tersebut menggunakan hot hatch manual, diprediksi pengemudi tidak sengaja memasukan tuas persneling ke bawah saat mencoba memasangnya. Alhasil, persneling terkunci menjadi mundur.

Sebagai informasi, VW Golf paling bertenaga diproduksi antara tahun 2009 sampai 2013. Mengenai spesifikasinya, VW Golf dilengkapi mesin 2.0 TSI yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 266 hp dan torsi puncaknya di angka 351 Nm.

Soal akselerasinya, mobil buatan pabrikan asal Jerman ini dapat melesat dari 0-100 km per jam dalam waktu 5,5 detik dan kecepatan maksimalnya mencapai 250 km per jam.



Simak Video "Hore! Kapolda Metro Akan Fasilitasi Pembalap Liar"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)