Viral Innova Lintasi Banjir Sampai Air Tutupi Kap Mesin

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 13:29 WIB
Innova terobos banjir
Innova terobos banjir Foto: TikTok @Pelike
Jakarta -

Heboh di media sosial sebuah mobil Toyota Innova berwarna hitam menerobos banjir setinggi kap mesin. Kira-kira apakah mobil aman dari kerusakan?

Potongan video tersebut memperlihatkan Toyota Innova generasi pertama melintasi banjir, viral di media sosial TikTok @pelike. Saat menerabas, air lama-lama menutupi kap mesin, hingga menutupi grill.

Kendati demikian mobil berhasil melintasi banjir, dan terus melaju. Well, bagi pengemudi yang hendak menerjang banjir, terdapat indikator keamanan agar mobil bisa menerobos tanpa mengalami masalah.

Pertama, jika sudah mencapai ketinggian lebih dari setengah ban, maka sangat dianjurkan untuk tidak memaksakan diri.

"Batas maksimal paling aman adalah hanya setengah roda dan tidak panjang (jarak tempuhnya)," ujar Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian beberapa waktu yang lalu.

Dari kacamata keselamatan berkendara, semakin tinggi air maka semakin sulit untuk mengendalikan pula efek hydroplaning yang dapat membuat ban tidak lagi mencengkram aspal.

"Jadi sangat tidak direkomendasikan tetap berkendara, maka saya tidak akan mengatakan prosedur aman melintasi banir. Kalau defensive ya jangan melintas dan stop berkendara," tutupnya.

Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, risiko terbesar mobil menerobos banjir adalah water hammer. Kondisi ini adalah ketika air masuk ke ruang bakar dan membuat mesin jebol. Didi menjelaskan, air tidak bisa terkompresi oleh mesin sehingga yang terjadi setang piston bengkok bahkan bisa menyebabkan silinder mesin pecah.

"Karena air kan nggak bisa dikompresi. Pada saat piston naik dan dipaksa, sehingga bengkok setang piston/conrod-nya. Awalnya bengkok dulu. Lama-kelamaan (setang piston) jadi patah," kata Didi kepada detikOto belum lama ini.

@pelike

jir jir banjir 🤣

♬ Mabok Janda Remix - 🌀WILFEXBOR🌀



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)