Knalpot Berisik, Pria Ini Dituntut Tetangganya ke Pengadilan Rp 215 Juta

Tim Detikcom - detikOto
Jumat, 30 Jul 2021 14:09 WIB
Chrome exhaust pipes on a blue car.
Ilustrasi knalpot mobil (Getty Images/iStockphoto/kenneth-cheung)
Jakarta -

Masalah knalpot bising bukan cuma terjadi di Indonesia. Di Amerika Serikat situasi serupa juga ada, di mana seorang pemilik mobil dituntut ke pengadilan gegara knalpot mobil BMW modifikasi yang dia punya bikin gaduh dan dianggap mengganggu ketenangan lingkungan.

Kasus ini pertama mengemuka pada Mei lalu. Seorang pria bernama Bryan Hillman memposting di Twitter kalau tetangganya mengandukan dia ke petugas berwajib dan kemudian mengajukan tuntutan. Sebabnya, Hilman dianggap telah menyebabkan kebisingan di lingkungan tempat tinggalnya, terkait aksinya yang kerap menggeber mobil.

Yang mengajukan tuntutan adalah tetangga yang tinggal di seberang rumah Hillman. Dia mengajukan tuntutan sebesar US$ 10.000 (sekitar Rp 144,7 juta). Hillman dituntut karena dianggap telah 'mengganggu ketenangan di dalam rumah selama lima tahun terakhir'.

Belakangan tetangga yang lain menempuh jalur hukum yang sama, mengajukan tuntutan sebesar US$ 5.000 (sekitar Rp 72,3 juta). Tetangga kedua yang mengajukan tuntutan hukum itu menyebut 'Hillman telah mengintervensi suasana tenang di lingkungan rumah akibat penggunaan mobil secara ceroboh'.

Dikutip dari The Drive, baru-baru ini pengadilan akhirnya memutuskan masalah hukum tersebut. Hillman dijatuhi hukuman denda atas tuntutan dua tetangganya. Disebutkan hakim cuma butuh waktu 15 menit untuk mengambil keputusan.




Namun jumlah denda yang harus dibayar Hilman tak sebesar yang diminta kedua tetangganya, yakni US$ 10.000 dan US$ 5.000. Pengadilan hanya mewajibkannya membayar US$ 5.914,7 atau setara dengan Rp 85.5 juta.

Diketahui kemudian kalau Hilman ternyata sosok yang tidak disukai tetangganya. Selain kerap menggeber mobilnya menggunakan knalpot bising, dia juga dituding kerap melakukan intimidasi dan melakukan serangan verbal ke orang-orang di lingkungannya, yang berlokasi di salah satu wilayah pemukiman di California.

Diketahui Hillman memang penggemar mobil. Di garasinya disebutkan dia memiliki tiga buah mobil BMW.



Simak Video "Knalpot Bising Dirazia, Produsen Knalpot di Jabar Menjerit"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)