Jarang Ada, China Punya Lokasi Putar Balik yang Aman di Tol

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 10 Mei 2021 03:51 WIB
Jarang Ada, China Punya Lokasi Putar Balik yang Aman di Tol
Foto: Istimewa. China Punya Lokasi Putar Balik yang Aman di Tol
Jakarta -

Di jalan bebas hambatan atau jalan tol sangat jarang ada lokasi putar balik yang aman dan memudahkan pengendara. Sekalinya ada, putar balik di jalan tol ilegal dilakukan pengendara umum. Lokasi putar balik di tol hanya boleh digunakan oleh petugas.

Tapi di China terdapat infrastruktur yang memudahkan pengendara. Di Guizhou, sebuah provinsi yang terletak di bagian barat daya China, yang medannya terutama bergunung-gunung telah menghasilkan beberapa infrastruktur yang mengesankan, dengan beberapa jembatan tertinggi di dunia.

Medan pegunungan membuat pemasangan pintu keluar jalan tol menjadi sebuah tantangan. Para insinyur telah menemukan solusi kreatif, sebuah lokasi putar arah yang bisa dipacu dengan kecepatan tinggi.

Hal ini sangat jarang ada di jalan tol di dunia. Putaran arah di jalan tol ini dibuat untuk mengakses keluar tol di medan pegunungan yang sulit dibangun infrastruktur.

Menurut media pemerintah China, Pintu keluar tol terdekat di sana adalah Houhau. Pintu keluar Houhau hanya dapat diakses di satu arah jalan. Medan yang curam membuatnya sulit untuk menambahkan pintu keluar di kedua arah. Jadi, pengemudi yang pergi ke arah lain tidak dapat mengaksesnya.

Untuk memperbaiki masalah ini, para insinyur memasang perputaran yang menghubungkan satu arah lalu lintas dengan yang lain di jalan tol. Jadi, jika pengendara melaju di arah yang tidak terdapat pintu keluar dan ingin keluar Houhau tetap bisa mengaksesnya. Lokasi putar arah ini dibuat dengan batas kecepatan 40 kilometer per jam.

Ini tentu saja memiliki tujuan yang memudahkan pengendara yang bahkan dapat membantu pelancong tak tahu arah. Namun, tampaknya tidak ada jalan lain di sekitar jika pengemudi melewatkan jalan memutar ini.

[Gambas:Youtube]






Simak Video "9 Tol Mau Dijual ke Swasta, Ada yang Minat?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)