Mobil Tua Volvo Dijual Rp 288 Miliar, Ternyata Pelat Nomornya yang Bikin Mahal

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 17 Mar 2021 17:27 WIB
Volvo Pelat New York dijual dengan harga Rp 280 miliar
Volvo dengan pelat nomor kendaraan New York dijual seharga Rp 288 miliar (Twitter @vipbilgilerr)
Jakarta -

Sebuah Volvo tua bertahun 1990-an dijual dengan harga fantastis di New York, Amerika Serikat. Mobil itu sebenarnya biasa saja, yang spesial justru pelat nomornya.

Mobil berharga fantastis ini tengah masuk daftar 'dijual' pada salah satu dealer di kota New York. Seorang warga lokal berniat melepas Volvo V70 keluaran tahun 90-an dengan banderol USD 20 juta. Itu setara dengan Rp 288,4 miliar

Dikutip dari Carscoops, yang membuat mobil tersebut menjadi sangat mahal bukanlah dari desain maupun kapasitas mesin yang mumpuni, atau nilai historisnya. Harga luar biasa mahal tersebut datang dari pelat kendaraan yang unik dan spesial, bahkan jadi satu-satunya di dunia.

Pelat nomor kendaraan mobil tersebut bertuliskan 'New York'. Dikisahkan pelat tersebut telah dipakai sejak tahun 1970-an secara turun-menurun Pelat kendaraan tersebut pernah digunakan beberapa kali pada sejumlah mobil anggota keluarganya, hingga terakhir dipakai oleh mobil Volvo V70 yang akan dijual tersebut.

"Pada akhir tahun 1970-an ketika saya memberi saran kepada Ayah untuk memesan pelat nomor kendaraan, saya tahu ini sangat istimewa, bahkan saya tidak pernah menyadari betapa istimewanya pelat kendaraan ini sekarang," ujar sang pemilik mobil.

Sebagai informasi, New York jadi wilayah yang pertama di AS untuk mewajibkan kendaraan memakai pelat nomor. Itu terjadi pada 1901.

Masuk di tahun 1977 New York mengizinkan penggunaan pelat kendaraan spesial yang bisa di kustom secara legal.

Hingga akhirnya salah satu penduduk New York berhasil memesan dan mendapatkan satu-satunya pelat nomor kendaraan di dunia yang bertuliskan 'New York'. Tentunya pelat nomor spesial tersebut legal dan bisa digunakan di jalanan.

Karena langka dan unik, pihak kepolisian tidak mengizinkan seseorang menduplikasi pelat kendaraan tersebut. Namun pelat nomor ini diperbolehkan beralih ke pemilik baru dan dapat digunakan pada sejumlah kendaraan lainnya.



Simak Video "Bukan Volvo B11R, Ini Bus dengan Tenaga Terbesar di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(din/riar)