Waduh, Pelek Mobil Kinclong Bikin Rumput Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 27 Feb 2021 18:24 WIB
Pabrikan pelek mobil  BBS bangkrut lagi.
Ilustrasi pelek mobil (autoevolution)
Jakarta -

Seorang warga di Moore, Oklahama, Amerika Serikat, mengalami peristiwa yang seharusnya menjadi pelajaran. Pelek mobil kinclong telah membuat rumput di rumahnya terbakar.

Pria bernama Rocky Sirok Ledesma mengatakan, dirinya baru selesai mencuci mobilnya hingga kinclong. Velg mobil yang berlapis krom dan kinclong itu memantulkan cahaya matahari. Efeknya, rumputnya terbakar karena pantulan cahaya matahari melalui velg krom yang berkilau tersebut.

"Terbukti! Ini rumput saya," kata Rocky Sirok Ledesma, seperti dikutip Fox 25.

Ledesma mengatakan bahwa dia dapat memadamkan api sebelum api membesar. Dia juga tidak perlu menghubungi pemadam kebakaran.

"Saya hanya ingin menyadarkan masyarakat akan parahnya rumput kering dan mudah terbakar," kata Ledesma.

Pelek mobil Rocky Sirok Ledesma itu menimbulkan efek pembesar cahaya matahari yang menyorot rumput kering. Hal itu menyebabkan halaman rumahnya terbakar.

Benda yang bisa memantulkan cahaya matahari ini juga dikhawatirkan menjadi pemicu kebakaran. Pernah ada kejadian mobil terbakar karena ada botor air plastik yang disimpan di dalam mobil.

Pada 2017 lalu, seorang pria dari perusahaan Idaho Power menjelaskan plastik botol air akan membahayakan saat cuaca sedang panas. Botol yang terisi plastik jika terkena sinar matahari akan menjadi seperti sebuah lensa, yang memfokuskan arah sinar matahari dan bisa membakar benda, seperti jok kulit mobil Anda.

"Cahaya hanya bersinar melalui jendela samping pengemudi dan menembus (botol air), dan membakar dua titik pada kursi," ujar Teknisi Baterai, Dioni Amuchastegu.



Simak Video "Pemalakan-Cegat Mobil di Jalan Kerap Terjadi, Lakukan Ini untuk Antisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)