Hiiii.... Ular Piton Ditemukan Ngumpet di Balik Kap Mobil

Doni Wahyudi - detikOto
Selasa, 03 Nov 2020 07:48 WIB
Ular Piton di kap mesin Ford Mustang
Ular piton berukuran besar ditemukan di balik kap mobil (Maor Blumenfeld)
Jakarta -

Pemilik Ford Mustang di California, Amerika Serikat ini kaget luar biasa. Dia menemukan ular piton sepanjang 3 meter tengah asyik melingkar di bawah kap mobilnya.

Penemuan ular piton berukuran besar ini diawali menyalanya lampu indikator mesin pada mobil Ford Mustang. Saat kap dibuka, di baliknya terlihat ular piton berukuran besar sedang melingkar di atas kompartemen mesin.

Petugas Pelestarian Alam setempat tak lama kemudian datang dan mengamankan ular tersebut.

Dalam video penangkapan ular tersebut yang beredar di media sosial, dua petugas yang berupaya memasukkan piton ke dalam karung terlihat sempat agak kerepotan. Ular itu sempat memberikan perlawanan dan mencoba melilit petugas namun akhirnya bisa diamankan.

"Karena cuaca di Florida Utara masih panas, ular tersebut berada di dalam kap mesin bukan untuk mencari kehangatan," terang Carli Segelson, juru bicara Florida Fish and Wildlife Conservation Commission (FWC), dikutip dari CNN.

Piton yang ditangkap tersebut disebutkan merupakan piton Burma. Dianggap sebagai ular yang punya sifat invasif, ular piton ini tak masuk binatang yang dilindungi di California. Itu artinya, warga yang menemukan ular ini masuk ke wilayah rumahnya boleh langsung membunuhnya.

Namun piton yang bersembunyi di balik kap mesin tersebut tidak dibunuh. Ular itu akan digunakan untuk keperluan pendidikan.

Mobil yang terparkir lama memang berpotensi digunakan beragam jenis binatang untuk bersarang. Bukan cuma ular, di Indonesia sering ditemukan tikus atau bahkan kucing menyelinap hingga kompartemen mesin.

"Selama mobil tidak dipakai memang lebih rawan jadi sarang tikus atau anak kucing. Tapi kita bisa mencegahnya, kiat mencegahnya adalah dengan menjaga kondisi mesin dan ruangan mesin bersih atau kinclong," kata Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna.

"Caranya adalah membersihkan mesin dan ruangan mesin dengan air sabun atau cairan khusus. Saat kondisinnya bersih dan wangi maka tikus/kucing tidak terlalu suka. Mungkin dia akan cari sasaran lain yg lebih kotor, lembab dan kurang bersih," jelas Suparna.



Simak Video "Hii.. Penampakan Piton 3,5 Meter, Mangsa Ternak di Boyolali"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rgr)