Senin, 07 Sep 2020 12:29 WIB

Cerita Tentara India Bantu Warga China yang Mobilnya Mogok di Gunung

Ridwan Arifin - detikOto
mobil mogok di dataran tinggi Mobil milik warga China mogok di dataran tinggi Sikkim Foto: Twitter @adgpi
Jakarta -

Hubungan China dan India di wilayah perbatasan memang tengah memanas pasca bentrok antara China-India di lembah Galwan, Ladakh perbatasan Himalaya. Namun di sisi lain, nilai-nilai kemanusiaan berhasil mengalahkan ketegangan yang terjadi.

Seperti dikutip dari Cartoq, Senin (7/9) dilaporkan tiga warga negara China tersasar di dataran tinggi Sikkim. Sialnya lagi, mobil SUV Volkswaen Tayron 330 TSI yang mereka kendarai mogok dan rusak di jalan.

Mobil tersebut mogok di ketinggian 17.500 kaki dengan kondisi iklim yang ekstrim. Tiba-tiba ketiga warga negara China itu bertemu dengan tentara India.

Dalam keterangan resminya, Tentara India melakukan pertolongan.

"Tentara Angkatan Darat India segera menjangkau dan memberikan bantuan medis termasuk oksigen, makanan dan pakaian hangat untuk melindungi mereka dari ketinggian yang ekstrim dan kondisi iklim yang ekstrem," kata Angkatan Darat India.



Tentu saja aksi humanis ini melegakan di tengah sengketa perbatasan India-China. Kedua negara tersebut mengalami perseteruan di garis perbatasan dengan multiple-front dimulai dari Danau Pangong Lake hingga perbatasan tertinggi di dunia, Himalaya.

Dalam bentrokan terbaru yang terjadi di sekitar Danau Pangong Tso yang ada di ketinggian 4.200 meter, Kementerian Pertahanan India menuduh militer China 'melakukan pergerakan militer provokatif untuk mengubah status quo' di perbatasan.

Militer China dalam tanggapannya balik menuduh tentara India telah 'secara serius melanggar wilayah kedaulatan China' dan menuntut tentara India ditarik dari perbatasan.



Simak Video "Usai Konfrontasi Fisik, China Ajak India Menuju Resolusi Damai"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com