Minggu, 17 Mei 2020 08:10 WIB

Wuss.. Mobil Maju-Mundur Sendiri di Bengkel SMK, Mbah Mijan Beri Komentar

Ridwan Arifin - detikOto
mobil maju-mundur sendiri Mobil maju-mundur tanpa sopir Foto: tangkapan layar twitter @ArizkyIlham
Jakarta -

Mobil tanpa awak sopir tak hanya terlihat di luar negeri saja. Baru-baru ini beredar di media sosial video mobil bergerak maju-mundur sendiri diduga berada bengkel Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sleman.

Dalam video singkat yang diunggah melalui jejaring sosial twitter berdurasi 30 detik itu nampak mobil bergerak sendiri di tengah ruangan yang gelap.

"Pye iki kok dadi ngene bengkel sekolahan kub@smkn1seyegan (gimana ini kok jadi begini bengkel sekolahan ku)," cuit akun @ArizkyIlham sembari menyebut akun ahli supranatural @mbah_mijan.

Tak disangka unggahan itu secara singkat dikomentari oleh Mbah Mijan. "Wow.. keren, nih," tulis pria kelahiran Kebumen, 21 April 1984 ini.

Pun diposting ulang oleh akun instagram @merapi_news. Namun alih-alih membawa kesan mistis, warganet lain mengomentari bahwa mobil yang bergerak maju-mundur tanpa sopir itu dikendalikan dari jarak jauh.

"Min ternyata itu mobil remote kontrol, yg buat guru jurusan teknik Ototronik, Info dari adik saya yg sekolah disana @merapi_news kl mau video yg lainnya saya punya," komen @apri_kushani.

Modifikasi mobil dengan kontrol jarak jauh pernah jadi jawara di Indonesia

Modifikasi kontrol jarak jauh, bahkan sudah pernah dilakukan oleh seorang modifikator pemenang King Players IAM MBTech Medan 2019. Kala itu Kijang Innova tahun 2006 miliknya dikendalikan melalui Bluetooth, bahkan ia berujar jarak tak jadi masalah ketika jaringan 5G sudah terpasang baik di Indonesia.

Saat berbincang dengan detikOto 2019 silam, pria berumur 35 tahun ini mengeluarkan handphone dengan menunjukkan aplikasi android yang sudah terinstal sistem kontrol.

Modifikasi Kijang Innova di IAM Medan 2019Modifikasi Kijang Innova di IAM Medan 2019 Foto: Ridwan Arifin/detikOto

"Semua operasi elektronik yang ada di mobil bisa diaplikasikan dengan smartphone android, bisa dikendalikan dari manapun, karena kita tidak menggunakan bluetooth tapi menggunakan (hotspot) wifi," ujar Dedi kepada detikcom sambil memeragakannya di depan mata.

Dedi mengatakan ia bersama timnya menggunakan salah satu komponen yang menjadi pusat data perintah. "Arduino, seperangkat elektronik yang kita program," kata Dedi.



Simak Video "Asik Seru Petualangan Offroad Mobil Mini Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com