Ratusan Monyet 'Invasi' Ruas Jalan Alas Roban Batang

Robby Bernardi - detikOto
Kamis, 14 Mei 2020 02:59 WIB
Monyet ekor panjang di jalanan Alas Robang, Batang
Monyet berkeliaran di jalan Alas Roban Batang, Jawa Tengah (Robby Bernardi/detikcom)
Jakarta -

Fenomena binatang liar turun ke jalan terjadi juga di Indonesia. Ratusan monyet terlihat memadati jalanan Alas Roban Batang, Jawa Tengah.

Diberitakan sebelumnya, gara-gara lockdown banyak binatang liar turun ke jalan di berbagai penjuru dunia. Namun invasi ratusan monyet yang terjadi Alas Roban Batang, Jawa Tengah, tidak ada kaitannya dengan pandemi virus Corona.

Menurut keterangan tukang ojek pangkalan di sekitar lokasi, monyet-monyet tersebut rutin turun ke jalan untuk santai-santai saat musim panas.

"Ada banyak, ratusan. Mereka keluar saat musim panas, terus duduk-duduk di aspal. Leyeh-leyeh," kata Sutirman, warga setempat pada detikCom.



Monyet-monyet itu juga punya jadwal sendiri untuk turun ke jalan. Biasanya mereka turun bergerombol pukul 10.00 dan pukul 15.00 WIB.

Karena sudah sering terjadi, warga sekitar telah mengantisipasi kedatangan monyet-monyet tersebut. Warga juga berinisiatif memberi peringatan pada pengemudi. Kendaraan yang melintas diminta jalan pelan-pelan serta membunyikan klakson. Pelintas juga tak perlu khawatir karena monyet-monyet itu diketahui tidak iseng.

Kapolsek Gringsing, AKP Haryo Deko Dowo, menambahkan banyaknya monyet-monyet tersebut perlu diperhatikan oleh pengendara jalan. "Jalan itu memang jarang dilalui kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi kerap melintas jalur utara, sedangkan truk banyak yang melintas jalur beton," papar AKP Haryo.



"Di jalur Poncowati sedikit (yang lewat). Kendaraan kecil dan motor hanya penduduk warga setempat. Kita mengimbau pada pengemudi untuk berhati-hati saat melintas jalur itu. Apalagi lokasinya ada di turunan, tanjakan dan pas tikungan," lanjutnya.

"Tidak pernah nakal. Kalau diklakson ya minggir dan tidak pernah masuk ke kabin truk," kata Muryanto.



Simak Video "Penampakan Monyet-monyet yang Kelaparan di Bali Serbu Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)