Senin, 09 Mar 2020 18:54 WIB

Cegah Wabah Corona, Pengemudi Bisa Lakukan 5 Hal Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Sekolah Mengemudi Ilustrasi menyetir mobil Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Mengantisipasi potensi penyebaran virus corona, bisa dilakukan dari lingkungan terkecil. Salah satunya di dalam mobil.

Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian menyebut lima langkah yang bisa dilakukan pengemudi untuk mencegah penyebaran Corona saat berada di dalam mobil.

Langkah pertama, kabin mobil adalah lingkungan kerja. Jadi pengemudi wajib menjaga kebersihan mobil.

"Ketika kita bekerja mengemudi maka lingkungan kerja kita adalah di dalam kabin kendaraan," ujar Reza kepada detikoto, Senin (9/3/2020).

Reza mengatakan sesuai dengan protokol pertama dari pemerintah bahwa areal tempat kerja dipastikan dalam kendaraan bersih. Contoh melakukan perawatan AC (air conditioner)

"Mengganti filter AC sesuai rekomendasi ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) serta tidak menempatkan barang yang tidak perlu di dalam kabin," ujar dia.

Pencegahan lain bila mobil tidak dilengkapi AC yang umumnya ada di kendaraan niaga. Pengemudi dihimbau menggunakan masker, sebab mobil tanpa AC biasanya membiarkan jendela terbuka. Kondisi ini membuat kabin dinilai lebih kotor karena terpapar debu lebih besar.

"Pengemudi diharapkan menggunakan pelindung diri sebaik mungkin untuk preventif karena lingkungan dalam kendaraaan sedang tidak dalam kondisi ideal dan terkontrol," kata dia.

Langkah keempat, menyemprot mobil dengan cairan disinfektan. Apalagi bagi pengemudi yang memang menjadikan mobilnya sebagai transportasi umum.

"Menggunakan cairan disinfektan ketika terdapat aktivitas pergantian penumpang di dalam kendaraan. Pembersihan dilakukan pagi dan sore," ujarnya.

Langkah kelima, jika sedang sakit flu, pilek atau batuk amat penting menjaga etika agar tidak jadi 'agen penyebaran' virus Corona jenis baru COVID-9 maupun virus penyebab penyakit lainnya.

Seperti saat bersin harus menutup mulut dengan menggunakan tisu atau sapu tangan. Atau ketika sedang pilek atau batuk menggunakan masker.

Terakhir, pengemudi diwajibkan mengetahui batas maksimal tubuh mengendarai mobil. Virus lebih mudah menyerang jika daya tahan tubuh melemah.

"Mengemudi akan menyebabkan lelah fisik dan mental, kelelahan akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun drastis," ujarnya.



Simak Video "Lawan Hoax Virus Corona, WHO Gabung TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com