Jumat, 21 Feb 2020 21:14 WIB

Ajaib! Pria Tunanetra Sembuh Usai Ditabrak Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
ilustrasi mata Seorang pria buta mendapatkan lagi pengelihatannya setelah jadi korban tabrakan (thinkstock)
Jakarta -

Seorang pria asal Polandia penyandang tunanetra secara ajaib mendapatkan penglihatannya kembali. Itu terjadi setelah dia ditabrak mobil ketika menyeberang jalan.

Pria itu bernama Janusz Goraz. Goraz mengalami kebutaan total di mata kiri, sementara yang kanan masih dapat mendeteksi bayangan dan cahaya. Gangguan ini dia dapat pada 20 tahun yang lalu, akibat alergi yang membuat kemampuan penglihatannya menurun setiap tahun.

Dilansir dari Oddity Central, Jumat (21/2/2020) pada suatu hari di tahun 2018, Janusz Goraz ditabrak mobil dengan kecepatan tinggi saat dirinya menyeberang jalan.

Kepalanya terbentur kap mesin mobil, setelah itu menghujam aspal. Lebih buruk lagi, kecelakaan itu juga merusak pinggulnya, sehingga perlu dioperasi. Tapi siapa sangka kecelakaan itu adalah berkah tersembunyi bagi dirinya.

Pria tunanetra sembuh usai ditabrak mobilJanusz Goraz, pria tunanetra sembuh usai ditabrak mobil Foto: Pool

Janusz Goraj menghabiskan beberapa minggu di rumah sakit untuk memulihkan diri setelah operasi pinggul. Saat dia bangun dan membuka matanya, ia terkejut bisa melihat banyak hal lebih jelas daripada sebelum kecelakaan.

Ia memberi tahu dokternya tentang hal itu juga. Namun, tidak ada yang bisa menjelaskan mengapa itu terjadi.

"Penglihatannya membaik dalam dua minggu. Kami tidak tahu apa penyebabnya, mungkin campuran obat yang ia dapatkan selama perawatan waktu itu," tutur juru bicara Rumah Sakit Provinsial Independen Agnieszka Wisniewska kepada Polsat News.

Hingga hari ini, tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan penglihatan pria itu kembali, tetapi beberapa ahli medis berspekulasi bahwa itu tidak ada hubungannya dengan kecelakaan itu sendiri, melainkan dengan dosis besar antikoagulan yang dicampur dengan obat-obatan lain.

"Saya berbaring di ranjang rumah sakit, tapi saya gembira bisa melihat. Luar biasa," tutur Janusz kepada media Gorzovianin.

"Para dokter terkejut dengan penglihatan saya yang membaik tetapi tidak bisa menjelaskannya. Ketika saya keluar dari rumah sakit, saya bisa melihat orang-orang di jalan, saya bisa melihat nomor registrasi mobil atau hanya membaca teks di ponsel saya. Hidupku berubah!," ungkap Janusz.

Janusz Goraj menolak untuk mengambil bagian dalam studi medis untuk membantu dokter memecahkan teka-teki itu. Ia telah mampu menjalani kehidupan normal, dan mendapatkan pekerjaan sebagai penjaga keamanan di rumah sakit, tempat dia mendapatkan kembali penglihatannya.



Simak Video "Mobil PJR Ringsek Terjepit di Antara 2 Truk, Begini Penjelasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com