Jumat, 01 Nov 2019 19:34 WIB

Laporan dari Jepang

Mobil di Jepang Tanpa Kaca Film Biar Gampang Ditangkap CCTV

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil di Jepang. Foto: Pool (Nikei) Mobil di Jepang. Foto: Pool (Nikei)
Tokyo - Jalanan di Jepang tak banyak dipenuhi mobil. Orang Jepang, terutama di kota besar seperti Tokyo, kebanyakan tak menggunakan mobil pribadi, mereka lebih memilih pakai transportasi massal seperti kereta.

Namun, masih ada juga yang beraktivitas pakai mobil. Jika disimak, mobil-mobil di Jepang rata-rata tidak menggunakan kaca film di bagian depannya. Apa alasannya?



Andre, local tour guide dalam perjalanan Daihatsu Journalist Trip Tokyo Motor Show 2019, mengatakan bahwa aturan di Jepang melarang mobil menggunakan kaca film di bagian depan.

"Kalau depan itu harus bersih dari kaca film. Karena polisi gampang ngeceknya. Kalau yang belakang bisa (pakai kaca film). Itu karena regulasinya," kata Andre, warga Malaysia yang sudah tinggal di Jepang selama 25 tahun itu.



Soalnya, mobil tanpa kaca film di depan akan dengan mudah ditangkap kamera CCTV. Jadi kalau terjadi sesuatu di jalanan, polisi akan mengecek kamera CCTV.

"Kan banyak kamera di jalanan. Dia (pihak berwenang) bisa lihat kan. Kalau ada pelanggaran dia langsung ke pusat ya. Jadi kalau ada perampok atau apa, mereka juga bisa cek langsung. Itu untuk keamanan," kata Andre.

"Itu untuk semua mobil. Kecuali Perdana Menteri itu lain cerita," sebutnya.

Simak Video "Mobil Listrik ini Menggunakan Bensin untuk Pengisian Daya"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com