ADVERTISEMENT
Senin, 10 Jun 2019 07:56 WIB

Pengendara Begini Nih Bikin One Way di Trans Jawa Tambah Macet

Luthfi Anshori - detikOto
Pengendara berpindah jalur. Foto: Luthfi Anshori Pengendara berpindah jalur. Foto: Luthfi Anshori
Cikarang - Pemerintah kembali melakukan sistem one way atau jalur searah di ruas tol Trans Jawa. Setelah sukses di jalur mudik mulai km 29 hingga km 262 di Brebes, kini diterapkan di arus balik, dari km 414 GT Kalikangkung sampai km 29.

Dilihat dari tujuannya, sistem ini berfungsi cukup baik dalam mengurai kepadatan lalu lintas di ruas tol Trans Jawa. Tapi dampak buruknya kebijakan ini memicu pengendara mobil pindah jalur sesukanya ketika mereka melihat jalan di sisi sebelahnya lengang.


Pantauan detikcom, Minggu (9/6/2019), cukup sering ditemui pengendara mobil, baik yang mobilnya berjenis MPV, SUV, bahkan hingga pemilik mobil LCGC 5 seater yang rela menyeberang jalan sekalipun kondisi jalannya cukup buruk dan membahayakan.

Bahaya karena saat menyeberang mereka harus melewati cekungan cukup dalam, dengan lapisan rumput di atasnya. Di satu sisi hal ini cukup membahayakan karena rumput yang basah bisa membuat ban mobil menjadi selip. Di sisi lain, rumput yang sudah diinjak roda mobil tersebut tentunya akan mati dan rusak.

Pemandangan seperti ini hampir bisa ditemui di setiap ruas tol Trans Jawa yang kami lewati dari Brebes sampai Cikampek. Terutama saat menjelang GT Cikampek di kilometer 70.

Tak hanya mobil-mobil penumpang, kendaraan besar seperti bus pun tak segan-segan menyeberang jalan demi mendapat kondisi lalu lintas yang lebih lancar. Padahal pihak berwenang sudah memberi akses pindah jalur yang lebih aman.


Tak ayal, hal ini pun menimbulkan simpul kemacetan baru, karena kendaraan yang ingin menyeberang berjalan melambat. Sementara di sisi lain, pengemudi yang berkendara tepat di sisi bahu tengah jalan harus ekstra waspada karena sewaktu - waktu ada kendaraan lain yang datang dari seberang jalan.



Simak Juga 'Yuk Lihat Skema Satu Arah Tol Trans Jawa':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com