Selasa, 28 Mei 2019 15:38 WIB

Jus Pisang Bisa Jadi Pelumas Mesin?

Rizki Pratama - detikOto
Jus pisang jadi Pelumas mesin Foto: Pool (youtube) Jus pisang jadi Pelumas mesin Foto: Pool (youtube)
Jakarta - Pada akhir 1950-an, penjelajah Prancis Jacques Seguela dan JC Baudot sedang melintasi gurun Atacama di Chili dengan mobil Citroen 2CV. Suatu hari, mobil mereka mati karena semua oli mesinnya yang sudah kering. Seorang pejalan kaki melihat mereka terjebak di jalan, dan memberi mereka seikat pisang.

Tidak adanya solusi lain untuk mengganti oli, dua penjelajah asal pernah menggunakan pisang sebagai pegganti oli dengan melumatkannya hingga cair terlebih dahulu.



Hebatnya percobaan putus asa itu berhasil, keduanya pun berhasil melanjutkan perjalanan hingga 290km menggunakan pelumas pisang itu.

Sebuah akun youtube bernama Project Farm pun membuktikan apakah jus pisang itu benar-benar bisa digunakan sebagai pelumas. Ia pun memulai percobaan dengan mesin pemotong rumput dan mampu digunakan selama 30 menit.

Project Farm mencoba lebih jauh dengan menambahkan kandungan air dengan mempertahan viskositas yang sama dengan oli biasa. Namun hasilnya tidak berakhir begitu baik.



Menambahkan air untuk menjalankan itu bukan langkah yang baik. Busi menjadi kotor, dinding silinder memiliki bercak yang terlihat, dan piston mengalami keausan parah. Kompresi turun sekitar 25 persen dibandingkan dengan ketika mesin dinyalakan dengan oli biasa.

Pisang dalam mesin di Citroen puluhan tahun lalu itu mungkin bisa menjadi cerita yang hebat, tetapi sangat tidak direkomendasikan mencoba hal ini dengan mobil Anda.

[Gambas:Youtube]

(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com