Kamis, 11 Apr 2019 19:23 WIB

Buktikan Kuatnya Mobil Listrik, Pria Ini Keliling Dunia Sejauh 95 Ribu Kilometer

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Pool (express) Foto: Pool (express)
Jakarta - Arah industri otomotif mulai mendekatkan diri pada tren penggunaan bahan listrik. Berbagai pabrikan mulai memproduksi kendaraan, namun menimbulkan kepercayaan masyarakat terkait performa mobil listrik masih menjadi pekerjaan rumah.

Webbie Wakker, pria ini berusaha mengkampanyekan kuatnya mobil listrik untuk menghadapi berbagai medan. Pria ini sudah menempuh jarak 59.000 mil atau sekitar 95.000 kilometer untuk menghilangkan mitos bahwa mobil mitos tidak dapat diandalkan.



Ia memulai perjalanannya pada tanggal 15 Maret 2016 dari Amsterdam, Belanda ke Sydney, Australia menggunakan mobil VW Golf yang dimodifikasi hanya bersumber tenaga menggunakan listrik. Tercatat perjalanan berlangsung selama 1.119 hari dengan mengunjungi sebanyak 33 negara di dunia.

"Sejak Maret 2016, saya berkendara dari Amsterdam ke Sydney menggunakan mobil listrik, tanpa membawa uang," ujar Wakker seperti dikutip dari Express, Rabu (10/04/2019).



Wakker menjelaskan sebelumnya ia mempromosikan diri untuk mendapatkan bantuan dari mereka yang peduli tentang perjalanan bersama mobil listriknya.

"Saya meminta orang untuk membantu saya, mendaftar ke situs web saya, dan mendukungnya dengan menawarkan bantuna makanan, tempat beristirahat, atau listrik untuk mobil," terang Wakker.

Uji mobil listrikUji mobil listrik Foto: Pool (express)


Wakker berpendapat masih banyak orang yang masih berprasangka buruk dengan mobil listrik apalagi sampai diajak perjalanan jauh. Berangkat dari hal tersebut ia memantapkan niatnya.

"Saya cukup antusias dengan mobil listrik karena ini cara untuk mengatasi perubahan iklim," ucap Wakker.

"Jadi saya pikir ingin melakukan sesuatu yang gila, mengemudi dari Amsterdam ke sisi lain dunia untuk menunjukkan bahwa itu bisa dilakukan," terang Wakker. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com