Kamis, 15 Nov 2018 08:15 WIB

Nyamar Jadi Tukang Lap Kaca, Polisi Tilang Sopir yang Main HP

Ridwan Arifin - detikOto
Polisi Menyamar Jadi Tukang Lap Kaca untuk Tindak Pengendara yang Main HP. Foto: Istimewa Polisi Menyamar Jadi Tukang Lap Kaca untuk Tindak Pengendara yang Main HP. Foto: Istimewa
Melbourne - Salah satu pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengendara adalah memainkan gadget seperti handphone ketika berkendara. Hal tersebut justru bisa sangat berbahaya karena dapat memecah konsentrasi, tentu tak jarang masih ditemui di jalanan raya Indonesia.

Namun di negara lain kebiasaan tidak baik pelanggar ini juga terjadi. Seperti yang diberitakan NZ Herald, seorang perwira polisi menyamar jadi tukang lap pembersih kaca mobil untuk menilang para pengendara yang memainkan HP.



Satuan Polisi Victoria menyebut peristiwa tersebut terjadi saat operasi lalu lintas di persimpangan wilayah Nunawading, Melbourne, Australia.

Caranya, petugas yang menyamar akan menghampiri pengemudi mobil dengan kedok membersihkan kaca mobil. Namun sekaligus memantau pengemudi bahwa tidak berkendara sambil memainkan handphone.

Jika didapati memainkan HP, petugas yang menyamar akan memberi arahan kepada polisi yang berseragam untuk memberikan tilang kepada pelanggar.



Di Australia sendiri, pelanggar yang tertangkap menggunakan ponsel saat berkendara dikenakan dengan 484 dolar Australia, selama operasi tersebut diperkirakan dendanya sudah terjaring 18.392 dolar Australia. Wah banyak juga ya, sedangkan petugas yang menyamar tidak diketahui berapa jumlahnya.

Aksi unik kepolisian tersebut ditangkap oleh pengguna mobil dan membagikannya ke media sosial Facebook. Tentu beragam tanggapan muncul.

"Cerdas, Anda (polisi Victoria) tahu bagaimana cara ini dapat menyelamatkan nyawa," tulis salah satu penggguna Facebook.

Namun pengguna lainnya malah mengomentari baju yang digunakan polisi saat menyamar. "Tidak ada tukang lap kaca mobil yang pakai hi-vis (pakaian perlengkapan protektif)," tulisnya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed