Catatan Pengendara

7 Perilaku Pengendara yang Menyebalkan saat Mudik 2018

Handoko N Soetrisno - detikOto
Kamis, 05 Jul 2018 16:16 WIB
7 Perilaku Pengendara yang Menyebalkan saat Mudik 2018
Foto: Twitter TMCPoldaMetro

Ketika laju mobil mulai lancar meski lalu lintas masih padat dan dalam konvoi panjang, sering saya temui mobil di belakang berkali-kali menyalakan lampu dim, entah minta jalan atau minta agar mobil saya jalan lebih cepat.

Lah, apakah pengemudi tersebut tidak melihat ada mobil di depan mobil saya, dan masih banyak mobil lagi berjalan beriringan di depan? Memangnya kita disuruh nabrak mobil di depan? Atau mobil kita disuruh minggir? Setiap orang juga punya keperluan dan semua juga tahu semua jalur jalan tol sedang padat.

Lampu dim, sebagaimana lampu sein dan klakson adalah sarana berkomunikasi antar pengemudi kendaraan. Ibarat mulut bagi manusia, lampu dim bisa digunakan sebagai sarana untuk "berbicara" dengan pengemudi kendaraan lainnya.

Gunakan lampu dim dan membunyikan klakson hanya ketika diperlukan. Jangan gunakan lampu dim dengan boros. Ketika kita banyak bicara tidak pada tempatnya, sering dibilang sebagai "nyinyir, lebay, banyak bacot, dan sebagainya..." Demikian juga jika terlalu sering menggunakan lampu dim, bisa mengganggu pengemudi mobil di depan dan membuat orang lain emosi.