Catatan Pengendara

7 Perilaku Pengendara yang Menyebalkan saat Mudik 2018

Handoko N Soetrisno - detikOto
Kamis, 05 Jul 2018 16:16 WIB
7 Perilaku Pengendara yang Menyebalkan saat Mudik 2018
Foto: Mindra/Infografis

Merokok memang hak setiap orang, tetapi bukan berarti orang yang merokok berhak untuk mengganggu dan merugikan orang lain. Ketika merokok sambil mengemudikan mobil, kebanyakan pengemudi akan membuang abu rokok melalui jendela mobil.

Ketika mobil dalam posisi berhenti karena jalan macet, abu rokok yang ringan akan beterbangan mengikuti arah angin bertiup. Ketika mobil melaju sedang, abu rokok terbang mengarah ke belakang. Apes buat mobil di belakangnya, kap mesin atau kaca depan jadi asbak penampung abu rokok.

Yang lebih menyebalkan, ketika malam hari di lajur jalan tol Cipali paling kanan, pada kecepatan yang cukup tinggi 80-100 km / jam, ada pengemudi membuang begitu saja putung rokok menyala.

Meski bara api kecil, ketika dibuang pada kecepatan tinggi, bara api akan membesar karena kencangnya tiupan angin. Hal ini sangat membahayakan. Selain dapat membakar rumput dan tanaman kering di sekitar jalur tol, bagi pengemudi mobil di belakang, bara abu rokok itu ketika menyentuh aspal seperti bom molotov kecil yang membara. Mengagetkan dan terasa melecehkan buat mobil di belakang.

Infografis berhenti merokokInfografis berhenti merokok Foto: Mindra/Infografis