Kamis, 24 Mei 2018 15:18 WIB

Ngeri, Begini Potret Truk 'Obesitas' yang Masih Beredar di Jalan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Truk Obesitas Foto: pasangmata.com Truk Obesitas Foto: pasangmata.com
Jakarta - Truk 'obesitas' atau yang kelebihan muatan menjadi momok di jalan raya. Sudah beberapa kali diberi peringatan, truk obesitas masih ada saja yang beredar di jalan raya. Padahal, truk kelebihan muatan banyak ruginya.

Pembaca detikOto melalui Pasangmata memotret masih banyaknya truk yang kelebihan muatan di sekitar kita. Fernan Kuv memotret truk kelebihan muatan yang melintas di Tol Jakarta-Serpong arah Serpong. Truk itu mengangkut muatan dengan panjang yang melebihi dimensi truk itu sendiri. Pintu belakang tidak tertutup sempurna karena muatan berlebih itu.

truk obesitastruk obesitas Foto: pasangmata.com


Pembaca lainnya, Jamaludin, mengirim truk obesitas juga. Foto yang dikirim Jamaludin menggambarkan sebuah truk kuning dengan muatan yang ditata sangat tinggi. Truk obesitas itu melintas di Jl Pos Pengumben, Jakarta Barat pagi tadi.

truk obesitastruk obesitas Foto: pasangmata.com


Dia juga mengirim foto truk obesitas lainnya. Karung-karung ditumpuk ke atas hingga melebihi dimensi truk.

Serupa dengan kiriman Jalamudin, Hasbi Hadi, juga mengirim foto truk kelebihan muatan alias truk obesitas dengan gunungan karung melebihi batas. Karung-karung itu ditumpuk hingga melebihi dimensi truk.

Sebelumnya, instruktur di Rifat Drive Labs, Andry Berlianto, mengatakan truk kelebihan muatan sangat berbahaya. Truk kelebihan muatan juga banyak ruginya.

Yang pasti, setiap kendaraan punya batas toleransi angkut beban. Batas toleransi itu dapat dilihat dari spesifikasi kendaraan.

"Jika mendapat beban berlebih maka banyak part yang akan sengsara menanggung beban," ucap Andry.

truk obesitastruk obesitas Foto: pasangmata.com


Akibatnya, pengusaha truk harus mengeluarkan biaya berlebih untuk servis truk. Sebab, truk kelebihan muatan membuat banyak komponen cepat aus.

Dari sisi safety driving juga truk kelebihan muatan bakal menimbulkan banyak kerugian. Salah satunya, pengemudi jadi susah menangani truk.

"Dari sisi handling pun akan berpengaruh karena keseimbangan jadi tidak terjaga. Potensi oleng bahkan jatuh bisa terjadi kapan saja," ucap Andry.

Truk kelebihan muatan juga berpotensi merugikan negara. Jalan jadi cepat rusak akibat truk dengan beban berlebih. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed