Minggu, 17 Des 2017 11:20 WIB

Bikin Mobil BMW Lecet, Pria Tua Tak Mampu Ini Mau Tanggung Jawab

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bikin Mobil BMW Lecet, Pria Tua Tak Mampu Ini Mau Tanggung Jawab. Foto: Viral4Real Bikin Mobil BMW Lecet, Pria Tua Tak Mampu Ini Mau Tanggung Jawab. Foto: Viral4Real
Jakarta - Mobil mewah biasanya dirawat sedemikian rupa oleh pemiliknya agar tetap kinclong. Bahkan, pemilik mobil mewah tak ingin mobilnya ada goresan sedikit pun.

Sebab, perbaikan sedikit pun akan memakan biaya banyak. Tak jarang juga orang yang tidak sengaja membuat mobil mewah tergores malah kabur tak bertanggung jawab. Tapi hal itu tidak berlaku bagi pria tua yang tak mampu ini.

Pria itu bernama Qinlong. Dikabarkan Viral4Real, dia tak sengaja membuat mobil mewah BMW tergores saat mengajak anaknya jalan-jalan. Meski begitu, Qinlong tak lantas kabur dan malah menulis surat yang ditempel di kaca mobil.

Dalam surat itu, Qinlong menulis permohonan maafnya. Dia juga menulis bahwa dirinya tidak bekerja pada saat itu karena bisnisnya bangkrut. Keluarganya mengalami krisis keuangan dan Qinlong hanya punya 100 yuan (Rp 205 ribuan). Namun, dia berjanji akan membayar biaya perbaikan dalam beberapa bulan jika pemilik mobil mengizinkannya.

"Saya tak sengaja membuat mobil Anda lecet dan saya harus bertanggung jawab atas kerusakan itu. Jadi, tolong terima 100 yuan ini sebagai pembayaran awal dan beri saya 2-3 bulan untuk membayar sisanya. Saya memberi Anda jaminan bahwa saya tidak akan melarikan diri," tulis Qinlong.

Pemilik mobil langsung menelepon Qinlong untuk memastikan dia benar-benar bersedia membayar. Menurut pemilik mobil, biaya perbaikan mencapai 1.900 yuan (Rp 3,8 jutaan). Tapi melihat surat dari Qinlong, pemilik mobil berniat tidak menagih ganti rugi. Namun, Qinlong tetap bersikeras ingin mengganti rugi sesuai dengan prinsip hidupnya.

"Saya telah menggores mobil Anda dan saya benar-benar perlu membayar kerusakan. Saya tidak ingin melawan prinsip hidup saya!" katanya.

Pemilik mobil tersebut pun tersentuh. Pemilik mobil malah menawarkan pekerjaan kepada Qinlong.

"Karena Anda benar-benar bertekad untuk membayar kerusakan dan saya membutuhkan lebih banyak pekerja sekarang, mengapa tidak Anda datang ke perusahaan saya dan bekerja untuk saya? Saya benar-benar tersentuh dengan kejujuran Anda dan Anda dapat membayar saya kembali dengan bekerja dengan saya dan kami bisa menjadi teman," kata pemilik mobil tersebut.

"Dalam masyarakat kita, jarang sekali menemukan orang seperti Anda dan jika Anda tertarik untuk membantu bisnis saya, saya lebih dari senang," tambahnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed