Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 19 Juli 2017, 11:55 WIB

Cerita Wayan Keliling Indonesia dengan VW Kombi

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Cerita Wayan Keliling Indonesia dengan VW Kombi Foto: dok pribadi
Makassar - Penggila Volkswagen (VW) klasik I Wayan Wartana, warga Carang Sari Petang, Kab. Badung, terobsesi berkeliling Indonesia menggunakan VW tipe Kombinationskraftwagen (Kombi) keluaran tahun 1973.

Dalam perjalanannya di beberapa daerah, Wayan ia sempat mengkritik perilaku warga yang masih abai dalam menjaga kebersihan. Seperti ketika berkunjung di 'Negeri di Atas Awan' Lolai, Toraja. Wayan sempat menegur pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Wayan mengajak warga mencintai daerahnya dengan menjaga lingkungannya sendiri.

Selama perjalanan menggunakan VW Kombi, Wayan bersama anak istrinya, tidak lupa bersilaturahmi dengan komunitas penggemar VW di tiap daerah yang dikunjunginya. Wayan berkenalan dengan anggota komunitas VW lewat media sosial dan bertukar nomor telepon sesama pemilik VW.

"Selama perjalanan ini syukur sekali VW saya tidak pernah mogok, selain itu kita bisa ngumpul-ngumpul dengan sesama penggemar VW dari tiap daerah," tambah Wayan.

Cerita Wayan Keliling Indonesia dengan VW KombiFoto: dok pribadi


Rencananya, setelah berkeliling di sekitar Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Wayan akan mengantar putranya, Putu, kembali ke Bali untuk kembali bersekolah. Setelah itu, Wayan berencana melanjutkan touring ke Papua.

Selama perjalanan sebulan ini Wayan telah menapakkan jejaknya di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara menggunakan VW Kombi putih andalan yang bernomor polisi DK 1638 JB.

Cerita Wayan Keliling Indonesia dengan VW KombiFoto: dok pribadi


Wayan mengajak istrinya, Wayan Widi (32) dan putranya I Putu Anggawardinata (8), berangkat dari Bali menyeberang Banyuwangi menuju Surabaya dan menyeberang menggunakan feri ke Kalimantan.

Cerita Wayan Keliling Indonesia dengan VW KombiFoto: dok pribadi


Sebelum solo touring menggunakan VW Kombi, setahun sebelumnya dengan VW Beetle (Kodok) Wayan memelintasi pulau Jawa menuju Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Wayan mengikuti program penghijauan di daerah konservasi gajah Sumatera. Selain maniak VW, Wayan yang sehari-hari membuka toko pernak-pernik di Pasar Peliatan juga gemar mengembara dengan Vespa Sprint klasiknya.


(mna/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed