Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 19 Juli 2017, 10:47 WIB

Wayan Ajak Anak-Istri Keliling Indonesia Pakai VW Kombi

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Wayan Ajak Anak-Istri Keliling Indonesia Pakai VW Kombi Foto: dok pribadi
Makassar - Seorang penggila VW (Volkswagen) klasik, I Wayan Wartana, warga Carang Sari Petang, Kab. Badung, Bali, berkeliling Indonesia menggunakan VW tipe Kombinationskraftwagen (Kombi) keluaran 1973 bareng keluarganya.

Sekitar sebulan perjalanannya, ia telah menapakkan jejaknya di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara menggunakan VW Kombi putih andalan yang bernomor polisi DK 1638 JB.

Perjalanan itu dia lakukan demi mengenali kekayaan ragam budaya Indonesia. Pria berusia 37 tahun mengajak istrinya, Wayan Widi (32) dan putranya I Putu Anggawardinata (8), berangkat dari Bali menyeberang Banyuwangi menuju Surabaya dan menyeberang menggunakan feri ke Kalimantan.

Di Kalimantan, Wayan menyusuri pedalaman Dayak dari Banjarmasin menuju Tenggarong, Kutai, Balikpapan, Samarinda dan Bontang. Di pedalaman suku Dayak di Desa Pampang, Samarinda, Wayan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat suku Dayak untuk mengenal nilai-nilai kearifan suku Dayak yang tidak dijumpai di daerah lain.

Setelah merasa cukup mengenal budaya dan alam Kalimantan, Wayan melanjutkan perjalanannya menyeberang dari Kalimantan Timur ke Mamuju, Sulawesi Barat. Dari perjalanan di Sulawesi Tengah, Wayan tidak lupa singgah di komunitas perkampungan Bali di Parigi dan Poso.

Setelah dari Poso, Wayan masuk ke Sulawesi Selatan dan singgah di Tana Toraja. Di Toraja, Wayan bercengkrama dengan warga Toraja yang memegang teguh adat Aluk Todolo, yang khas dengan rumah adat Tongkonan dan ritual pemakaman Rambu Solo. Dari Tana Toraja melintasi beberapa kabupaten sebelum sampai di kota Makassar. Sebelum menyeberang ke Nusa Tenggara, Wayan dan anak-istrinya singgah di daerah dataran tinggi Malino, di Kab. Gowa.

"Saya sudah lama memimpikan bisa melakukan perjalanan ini, untuk mengenali kekayaan ragam budaya dan alam Indonesia. Selama ini yang dikenal orang luar, kekayaan budaya Indonesia hanya ada di Bali, padahal di tempat lain masih banyak yang tidak kalah dengan Bali," ujar Wayan saat ditemui detikOto di Makassar, Minggu (16/7/2017).

(mna/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed