Jumat, 30 Agu 2013 15:22 WIB

Pria New Jersey Berjuang untuk Dapatkan Nopol ATHE1ST

- detikOto
dok Daily Mail dok Daily Mail
New Jersey - Seorang pria New Jersey berusaha mendapatkan pelat nomor 'ATHE1ST' yang berkonotasi pada atheist. Namun permintaan ini ditolak, dia pun marah dan menggugat.

Pria itu adalah David Silverman, presiden American Atheists. Dia ingin pelat nomor yang mencerminkan keyakinannya, namun awal pekan ini dia diberi tahu kalau pelat nomor yang diminta mengandung kata yang 'menyerang'.

Dia pun banding pada Motor Vehicle Commission karena menganggap pelat nomor yang dimintanya tidak mengandung kata yang berbahaya. Akihirnya setelah berusaha dia akhirnya mendapatkan pelat nomor keinginannya, 'ATHE1ST.'

"Sama sekali tidak ada alasan pelat ini harus ditolak, ini adalah penghinaan diskriminatif," kata Silverman seperti detikOto kutip dari Daily Mail, Jumat (30/8/2013).

New Jersey sendiri memiliki 1.085 kata yang dilarang untuk pelat nomor. Namun, kata ateis tidak ada dalam daftar kata yang dilarang, juga bukan bahasa gaul.

Kemarahan Silverman makin menjadi setelah tahu kalau sebelumnya negara bagian ini diketahui pernah pula mengeluarkan pelat nomor dengan kata ‘ATHEIST’. Itu sebabnya Silverman mengajukan kata atheist dengan angka 1 bukan I.

Menurut rencana, Silverman akan memamerkan pelat nomor ini ke konvensi nasional American Atheists 2014 yang akan digelar di Salt Lake City, di mana para ateis Amerika berkumpul.

Kelompok ini sendiri telah ada sejak tahun 1963 untuk memperjuangkan kebebasan keyakinan dan pemisahan mutlak antara pemerintah dan agama.



(syu/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com