Motor Pelaku Bom di Bandung Atas Nama Orang Lain, Ini Pentingnya Balik Nama Kendaraan

ADVERTISEMENT

Motor Pelaku Bom di Bandung Atas Nama Orang Lain, Ini Pentingnya Balik Nama Kendaraan

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 07 Des 2022 18:09 WIB
Motor Pelaku Bom Bunuh Diri
Motor shogun biru yang diduga dikendarai pelaku bom di Astana Anyar ternyata atas nama orang lain. Foto: Istimewa
Jakarta -

Motor Suzuki Shogun berkelir biru turut menjadi sorotan dalam peristiwa ledakan bom di Polsek Astana Anyar, Bandung. Motor itu diduga dikendarai oleh pelaku bom bunuh diri di Bandung.

Namun saat ditelusuri, ternyata motor itu bukan terdaftar atas nama pria yang diduga pelaku bom bunuh diri tersebut, Agus Sujatno. Motor justru terdaftar atas nama Bobby Ari Setiawan.

Dikutip detikJateng, Bobby menampik terlibat dalam aksi bom bunuh diri itu. Di sisi lain, ia mengaku memang pernah menjual motor Suzuki Shogun berwarna biru.

"Ini saya baru tahu, lha itu pelaku bom bunuh dirinya belum diautopsi? Saya langsung merinding. Yang Shogun saya jual saat saya masih SMA. Yang satu lagi jenis Minerva sekitar tahun 2011 saya menjualnya. Posisinya saat saya menjual masih di Solo. Yang beli siapa saya lupa," jelas Bobby.

Besar kemungkinan, si pemilik motor baru belum melakukan balik nama setelah membeli motor bekas tersebut. Padahal balik nama diperlukan agar data pemilik kendaraan yang ada di kantor samsat sesuai dengan data pemilik saat ini.

Dengan begitu, ketika akan melakukan perpanjangan STNK tahunan maupun perpanjangan STNK lima tahunan akan lebih mudah. Ya, identitas pemilik kendaraan yang terdaftar di Samsat dengan identitas pemilik kendaraan saat ini merupakan salah satu persyaratan untuk proses perpanjangan STNK.

Kalau tidak, kamu masih bisa memperpanjang STNK namun harus meminjam identitas asli si pemilik kendaraan lama. Bila pemilik kendaraan mudah dan bisa dihubungi mungkin tidak jadi masalah. Tapi sebaliknya, jika pemilik lama sulit diketahui keberadaannya itu yang membuat proses perpanjangan STNK jadi sulit.

Adapun melakukan proses balik nama kendaraan memiliki keuntungan lain seperti dijabarkan laman Bapenda Provinsi Jabar berikut.

1. Terjaminnya legalitas kepemilikan kendaraan bermotor
2. Mempermudah persyaratan administrasi pembayaran PKB
3. Bisa memanfaatkan banyak kemudahan layanan Samsat
4. Mempermudah klaim asuransi kecelakaan
5. Menghindari dampak penyalahgunaan kendaraan oleh pihak lain
6. Berkontribusi positif untuk pembangunan daerah



Simak Video "Polisi Temukan Belasan Kertas Protes RKUHP di TKP Bom Astana Anyar"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT