Bule Juga Ketilang ETLE, Belum Bayar Bisa Dicekal Imigrasi

ADVERTISEMENT

Bule Juga Ketilang ETLE, Belum Bayar Bisa Dicekal Imigrasi

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 25 Nov 2022 06:07 WIB
Polda Metro Jaya telah memasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di persimpangan Utan Kayu, Jakarta. Meski begitu, masih banyak pengendara yang melanggar lalu lintas.
Ilustrasi kamera e-tle (Foto: Kenny Gida)
Jakarta -

Tilang elektronik melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) juga menyasar warga negara asing (WNA). Baru-baru ini tertangkap kamera tilang elektronik (ETLE) melakukan pelanggaran lalu lintas di Kota Batam.

Dikutip NTMC Polri, WNA yang tertangkap kamera melakukan pelanggaran tidak menggunakan sabuk keselamatan ketika berkendara. Dirlantas Polda Kepri, Kombes Pol Tri Yulianto mengatakan informasi ini diperoleh dari laporan harian kegiatan Front Office Satgas Etle Ditlantas Polda Kepulauan Riau.

Tri melanjutkan Ditlantas Polda Kepri berkolaborasi dengan Imigrasi Wilayah Kepulauan Riau dalam menangani pelanggaran ETLE terhadap WNA tersebut.

"Bagi Warga Negara Asing (WNA) yang melakukan pelanggaran lalulintas dan terekam oleh kamera ETLE, maka identitas WNA tersebut akan diteruskan datanya kepada Pihak Imigrasi untuk segera ditindaklanjuti dengan cara melakukan pencegahan keluar dari Negara Indonesia khususnya Pulau Batam, dan diharuskan untuk melakukan penyelesaian denda pelanggaran lalu lintas sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Tri, Rabu (23/11/2022).

Pelanggar WNA tersebut mendatangi Posko Gakkum ETLE Ditlantas Polda Kepri untuk mengkonfirmasi surat tilang yang dikirimkan oleh petugas ETLE kepadanya. Petugas Front Office pun mengarahkan pelanggar untuk membayar denda titipan tilang setelah diterbitkan nomor Briva oleh Petugas Posko.

Kemudian Pelanggar WNA tersebut membayar denda titipan tilang ke petugas BRI yang sudah disiapkan di Posko ETLE Ditlantas Polda Kepri.

Tri mengatakan inovasi ini merupakan salah satu wujud nyata upaya Polda Kepri bersama Stakeholder terkait lainnya dalam menjaga marwah Negara Indonesia di mata dunia Internasional.

"Kami memohon dukungan dan doa restu dari seluruh pihak terkait dan juga masyarakat Kepulauan Riau untuk dapat bersama-sama mewujudkan Polantas yang presisi, pulih dan bangkit bersama menuju Indonesia maju. Direktorat Lalu Lintas Polda Kepri siap menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan Kepolisian dan Penegakan Hukum di Bumi Berpancang Amanah Bersauh Marwah Kepulauan Riau," kata Tri.

Lihat juga video 'Pengendara 'Nakal' Makin Merajalela, Tilang Manual Harus Ada Lagi?':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT