Viral Siswa SMP Sidoarjo Ngamuk saat Ditilang, Polisi: Wajar Masih Anak-anak

ADVERTISEMENT

Viral Siswa SMP Sidoarjo Ngamuk saat Ditilang, Polisi: Wajar Masih Anak-anak

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Senin, 21 Nov 2022 18:44 WIB
Viral siswa SMP di Sidoarjo umpat polantas
Siswa SMP Sidoarjo ngamuk saat ditilang polisi. Foto: (Tangkapan layar)
Jakarta -

Pelajar SMP di Sidoarjo, Jawa Timur berinisal F (12) viral usai ngamuk saat ditilang polisi lantaran berkendara tanpa mengenakan helm. Dia terlihat menudingkan jarinya sambil berteriak dengan kata-kata tak pantas.

Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Sidoarjo Iptu Ony Purnomo menjelaskan, amarah F memuncak usai mengetahui polisi tengah merekamnya. F kemudian mengeluarkan makian kasar menggunakan bahasa Jawa.

"Penyebab dia marah dan sempat mengumpat petugas, dia tidak senang divideo (direkam)," ujar Ony, dikutip detikOto dari detikJatim, Senin (21/11/2022).

Viral siswa sidoarjo umpat polisiViral siswa sidoarjo umpat polisi Foto: Dok. Istimewa/Tangkapan Layar

Ony menegaskan, polantas di lapangan sebenarnya tidak menilang siswa SMP tersebut. Polisi hanya berusaha melakukan pendekatan humanis dengan memintanya menghubungi orang tuanya untuk membawakan helm.

"Sebenarnya petugas tidak mengambil tindakan terhadap siswa tersebut. Hanya memberikan edukasi kepada yang bersangkutan," ungkapnya.

Lebih jauh, Ony menegaskan, siswa tersebut memang tak pernah suka kamera. Itulah mengapa, saat sadar dirinya direkam, dia seketika ngamuk dan merasa tak terima.

"Dari keluarga disampaikan kalau anak ini memang nggak suka kamera. Di medsosnya semua tanpa foto profil. Dia sebenarnya baik, kita ajak ngobrol juga baik," terangnya.

Pelajar SMP Sidoarjo marah-marahPelajar SMP Sidoarjo marah-marah Foto: Dok. Istimewa/Tangkapan Layar

Menurut Ony, polisi menganggap respons ofensif yang ditunjukkan F sebenarnya wajar. Sebab, kata dia, F masih anak-anak yang memiliki sifat labil dan belum matang.

"Ya, masih anak-anak kan wajar. Karena masih labil, usia segitu belum bisa dibuat acuan," kata Ony.

Diberitakan sebelumnya, beredar video seorang siswa memarahi dan mengumpat ke polisi. Siswa itu diketahui naik motor tanpa helm. Video yang beredar tersebut diketahui berada di Sidoarjo.

Dalam video tampak awalnya seorang polisi tengah menghentikan dan memberi teguran kepada siswa tersebut karena tak memakai helm. Siswa yang ditegur juga tampak membonceng seorang siswi.

Namun, siswa menyadari bahwa dirinya tengah direkam petugas lain. Tak terima, siswa tersebut lantas berupaya mendatangi tapi dihalangi petugas. Siswa pun langsung mengumpat habis petugas tersebut.



Simak Video "Momen Siswa yang Umpat Polisi Bersimpuh Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/sfn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT