Hasil Uji Pertalite: Punya RON 90 ke Atas

ADVERTISEMENT

Hasil Uji Pertalite: Punya RON 90 ke Atas

Tim detikcom - detikOto
Sabtu, 05 Nov 2022 07:10 WIB
SPBU Tanah Abang jual Pertalite dengan harga Rp 6.450 per liter. Sejumlah pemotor pun antre di SPBU itu demi dapat membeli Pertalite seharga Premium itu.
Pertalite sudah diuji dan hasil RON-nya 90 ke atas. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pertalite sudah teruji memiliki kadar oktan 90 ke atas. Dari dua hasil uji yang baru-baru ini dilakukan, BBM RON 90 keluaran Pertamina itu diketahui memiliki kadar oktan di atas 90.

Pengujian tersebut pertama dilakukan oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji pada 4 Oktober lalu menjelaskan, terkait adanya isu BBM jenis Pertalite menjadi lebih boros pasca penyesuaian harga, Pemerintah telah meminta LEMIGAS untuk melakukan pengujian secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

Sampel BBM jenis Pertalite telah diambil langsung oleh Tim LEMIGAS pada beberapa SPBU di Jakarta. Terhadap sampel BBM tersebut, selanjutnya dilakukan pengujian untuk mendapatkan kepastian mutu.

Untuk tahap awal, telah diambil sampel BBM jenis Pertalite di 6 SPBU di wilayah Jakarta yaitu SPBU Lenteng Agung, SPBU di Taman Mini (2 SPBU), SPBU Abdul Muis, SPBU di Sunter dan SPBU di S. Parman.

"Sampel BBM Pertalite tersebut kemudian diuji di Balai Besar Pengujian Migas LEMIGAS Direktorat Jenderal Migas, dengan prosedur dan standar pengujian yang baku untuk 19 parameter uji," papar Tutuka kala itu.

Dari pengujian sampel BBM Pertalite di 6 SPBU tersebut, hasilnya telah memenuhi standar dan mutu (spesifikasi) BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri sebagaimana Keputusan Dirjen Migas Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017. Hasil uji Pertalite yang dilakukan Lemigas yaitu di SPBU Abdul Muis 90,5, di Sunter 90,1, di S.Parman 90,2, SPBU Lenteng Agung 90,6, SPBU Taman Mini 90,7, SPBU Taman Mini 90,6.

"Tidak ada perubahan spesifikasi pada produk Pertalite. Dan hal ini juga sudah dibuktikan melalui pengecekan langsung oleh regulator bahwa hasilnya semua sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan," ungkap Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dikutip detikFinance.

Belum sampai sebulan berselang, anggota DPR Komisi VII Mulyanto mengunggah hasil uji Pertalite dan juga Revvo 89. Dalam hasil uji tersebut terlihat Pertalite memiliki RON 90,3 sedangkan Revvo 89 RON-nya sedikit lebih tinggi yakni 90,7. Secara spesifikasi, baik Pertalite maupun Revvo 89 masih memenuhi kadar RON yang ditetapkan yakni minimal 90.

"Dari data yang diuji, tidak ditemukan indikasi yang menyimpang," cuit Mulyanto dalam akun Twitternya.



Simak Video "RON 89, RON 90, Sebenarnya Apa Sih RON dan Octane Number pada Bensin?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT