Harga Pertamax Turbo Turun, Ini Perbandingannya dengan Shell

ADVERTISEMENT

Harga Pertamax Turbo Turun, Ini Perbandingannya dengan Shell

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 02 Sep 2022 06:55 WIB
PT Pertamina (Persero) menaikan harga dua produk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi per 18 September 2021. Dua produk tersebut berupa Pertamax Turbo RON 98 dan Pertamina Dex.
Foto: Harga Pertamax Turbo turun, ini perbandingan dengan SPBU swasta. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga beberapa jenis bahan bakar minyak (BBM). Salah satunya Pertamax Turbo 98 yang harganya turun Rp 2.000 per liter.

Pertamina melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Dalam pengumuman yang diunggah di situs resmi Pertamina, harga baru beberapa BBM Pertamina itu mengalami penurunan. Di antaranya Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Penurunan harganya lumayan. Pertamax Turbo turun sampai Rp 2.000/liter. Kini, Pertamax Turbo terutama di Pulau Jawa dijual Rp 15.900 per liter.

Apakah Pertamax Turbo tetap yang termurah di kelasnya? Ternyata Shell pun melakukan penyesuaian harga BBM per 1 September 2022. Shell juga menurunkan beberapa harga BBM yang dijual di Indonesia.

Bensin Shell yang spesifikasinya sama dengan Pertamax Turbo adalah Shell V-Power Nitro+. Pertamax Turbo dan Shell V-Power Nitro+ sama-sama memiliki research octane number (RON) 98.

Per 1 September 2022, harga Shell V-Power Nitro+ tidak jauh berbeda dengan Pertamax Turbo. Jika Pertamax Turbo dijual Rp 15.900, Shell V-Power Nitro+ dijual Rp 16.510 per liter untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Selain Pertamina dan Shell, tidak ada lagi SPBU swasta yang menjual bensin dengan RON 98. SPBU Vivo paling tinggi menjual bensin dengan RON 95, begitu juga dengan BP yang sama-sama menjual bensin paling tinggi RON 95.



Simak Video "Adu Murah! Ini Perbandingan Harga Bensin di Negara ASEAN"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT