Dear Penumpang, Tolong Sama-sama Jaga Fasilitas Bus Ya, Jangan Dirusak!

ADVERTISEMENT

Dear Penumpang, Tolong Sama-sama Jaga Fasilitas Bus Ya, Jangan Dirusak!

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 28 Agu 2022 19:19 WIB
Mewahnya sleeper Bus Laksana Legacy SR3
Penumpang wajib menjaga fasilitas bus yang makin modern dan canggih. Foto: Luthfi Anshori/oto.detik.com
Jakarta -

Industri transportasi bus di Indonesia berkembang pesat. Bahkan fitur-fitur canggih dan modern sudah tersedia di bus-bus trayek AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Dan sebagai penumpang yang bijak, tentunya suatu keharusan menjaga fasilitas-fasilitas tersebut agar tidak rusak.

Beberapa layanan bus saat ini sudah memiliki fasilitas seperti AVOD (Audio Video On Demand), USB Charger, kursi elektrik, meja, hingga toilet. Jika tidak dijaga, fasilitas-fasilitas itu tentunya tidak akan bertahan lama atau rusak sebelum waktunya.

"Jadi konsumen juga bisa membantu menjaga (fasilitas-fasilitas itu). Masih sering kami temui--sekarang zaman bus sudah pakai video on demand--layar itu, entah nggak sengaja entah gimana, tergores, entah kena kuku entah alat (lainnya)," buka Direktur Utama PT SAN Putra Sejahtera (PO SAN), Kurnia Lesani Adnan dalam diskusi bersama bus mania di booth Laksana, GIIAS 2022, ICE-BSD City, Tangerang.

"Kemudian plug-in buat earphone, patah. (Tombol) buat milih channel, bolong, entah itu pakai pulpen (nyoloknya) entah pakai apa. Jadi tolong dijaga ya," sambung pria yang akrab disapa Sani.

Lanjut Sani menambahkan, masih sering juga ditemui pengguna toilet yang tidak menyiram kloset usai membuang air kecil. "Jadi kami para operator bus dan karoseri sudah berpikir bagaimana bisa memberikan pelayanan dengan sarana yang baik," tambahnya lagi.

"Yang kita harapkan, masyarakat (semakin) cerdas, kritis, juga terhadap fleet company-nya (perusahaan busnya). Fleet company menurut saya (telah) berlomba-lomba memperbaiki diri. Jadi ini sedang dalam proses, keseimbangan dengan infrastruktur yang membaik. Saya yakin, kami--operator--dan masyarakat semakin terbuka (pikirannya) dan advance (maju)," bilang Sani.



Simak Video "Penyesuaian Harga BBM, Tarif Bus AKAP Ekonomi Resmi Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT