India Bikin Bus Double Decker Listrik, Begini Bentuknya

ADVERTISEMENT

India Bikin Bus Double Decker Listrik, Begini Bentuknya

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 25 Agu 2022 08:34 WIB
Bus double decker listrik India buatan Switch
Bus double decker listrik India buatan Switch. (Foto: Indianautosblog)
Jakarta -

Tren kendaraan listrik di India kini merambah ke segmen komersial. Baru-baru ini perusahaan bernama Switch meluncurkan produk bus double decker (bus tingkat) listrik pertama di India dengan nama Switch EiV 22. Seperti apa spesifikasinya?

Dikutip dari laman Indianautosblog, bus tingkat listrik Switch EiV 22 dirancang, dikembangkan, dan diproduksi di India dengan memanfaatkan pengalaman bus listrik global Switch.

Switch EiV 22 dilengkapi teknologi terbaru, desain ultra-modern, keamanan tertinggi, dan fitur kenyamanan terbaik di kelasnya. Bus bertingkat listrik ikonik yang diperbarui ini dirancang untuk merevolusi transportasi umum di India dan akan menetapkan standar baru di market bus perkotaan.

Bus Switch EiV 22 mengadopsi desain low floor (dek rendah), memiliki fitur AC, dan memiliki dua pintu masuk yang ukurannya cukup lebar. Tangga untuk menuju dek atas terletak di bagian belakang.

Bus double decker listrik India buatan SwitchBus double decker listrik India buatan Switch Foto: Indianautosblog

Bus double decker nol emisi ini diklaim memiliki konstruksi bodi aluminium yang ringan, yang menawarkan rasio penumpang--terhadap--berat yang lebih tinggi dan biaya yang kompetitif per km, per penumpang.

Switch EiV 22 ditenagai paket baterai kimia NMC berkapasitas 231 kWh, 2-string, berpendingin cairan, dengan kepadatan yang lebih tinggi, serta memiliki sistem pengisian ganda. Hal ini memungkinkan double decker listrik ini memiliki jangkauan hingga 250 km untuk penggunaan dalam kota.

Bicara kapasitas penumpang, bus yang memiliki panjang tak lebih dari 10 meter ini ini diklaim dapat mengangkut 65 orang. Baterai bus ini bisa diisi ulang hanya dalam 1,5 hingga 3 jam. Switch India telah mendapatkan pesanan 200 bus tingkat listrik di Mumbai.



Simak Video "Ciamik! Ini Wujud Bus Double Decker Terbaru Milik PO Gunung Harta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT