ADVERTISEMENT

10 Ribu Bus Listrik TransJakarta Bakal Wara-wiri di 2030, Berapa Jumlahnya Sekarang?

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 24 Jul 2022 13:06 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Syafrin Liputo; Presiden Direktur PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) Gilarsi W Setijono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya, dan Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Amri Aswono Putro saat meresmikan operasional 30 bus listrik Transjakarta, di Halte Balaikota, Selasa (8/3/2022).
Bus listrik TransJakarta Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

TransJakarta menargetkan sebanyak 10.047 bus listrik dapat beroperasi pada 2030. Rencana ini masuk Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) PT Transportasi Jakarta.

"TransJakarta sesuai dengan tupoksinya, penugasan yang diberikan Pemprov DKI. Tentu itu penjabaran dari Paris Agreement tahun 2015 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi pada waktu itu bahwa Indonesia akan patuh pada zero emission sampai dengan tahun 2050, salah satu penjabarannya yang kami lakukan, Transjakarta sampai dengan 2030 akan mengoperasikan bus listrik mencapai 10.047 unit," ujar Direktur Utama Transjakarta M. Yana Aditya di pameran Periklindo Electric Vehicles Show 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022).

Yana memastikan pengadaan bus listrik saat ini telah melalui tahapan pemeriksaan dan uji coba dari berbagai pihak. Meski punya target puluhan ribu tinggal 8 tahun lagi, TransJakarta baru mengoperasikan puluhan bus listrik.

TransJakarta akan menggunakan bus istrik besutan Moeldoko, PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Ujicoba satu unit MAB di jalur yang belum dilintasi bus listrik yakni Dukuh Atas 2 - Ragunan atau koridor 6 mulai Senin, 1 Agutus 2022.

"Saat ini di Jakarta, TransJakarta baru mengoperasikan 30 bus listrik. Rutenya dari Senayan ke Senen, mungkin bapak ibu melihat di Jl. Sudirman Thamrin warna orange dan hijau. Dengan tambahan MAB akan semakin banyak bus listrik di Jakarta dan udara kita semakin hijau," jelas Yana.

Seperti diketahui, kini armada bus listrik milik Transjakarta ini diproduksi oleh pabrikan asal China, BYD (Build Your Dream) dengan agen pemegang merek PT Bakrie and Brothers. Sementara itu 30 unit bus listrik BYD K9 ini dioperasikan oleh Perusahaan Otobus (PO) PT Mayasari Bakti.

Bus listrik ini memiliki rute operasional yang fokus pada rute non-BRT yakni rute 1P (Terminal Senen-Bundaran Senayan), 1R (Tanah Abang-Terminal Senen), 1N (Blok M-Tanah Abang), dan 6N (Ragunan-Blok M). Bus listrik ini akan beroperasi sejak pukul 06.00-21.00 WIB.



Simak Video "Sudah Lama Meluncur, Apa Kabar Bus Listrik Laksana?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT