ADVERTISEMENT

Kecanggihan Helikopter yang Angkut Jokowi dan PM India ke Lokasi KTT G7

Tim detikcom - detikOto
Senin, 27 Jun 2022 21:13 WIB
Jokowi Terbang ke Lokasi G7 di Jerman
Presiden Jokowi terbang ke lokasi KTT G7 di Jerman menggunakan helikopter CH-53 (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. Jokowi terbang ke lokasi KTT menggunakan helikopter angkut militer Sikorsky CH-53 selama 30 menit penerbangan bersama Perdana Menteri India Narendra Modi. Begini spesifikasi helikopter canggih buatan Amerika Serikat tersebut.

Dikutip dari laman Navair, Sikorsky CH-53 merupakan helikopter tempur yang bisa digunakan sebagai alat angkut personel/orang. Pesawat ini dilengkapi sejumlah teknologi, seperti Global Positioning System (GPS), Forward-Looking Infrared Radar (FLIR), hingga Aviator Night Vision Imaging Systems Heads Up Display (ANVIS-HUD).

Helikopter ini juga bisa membawa tiga senjata kaliber 50, dan dibekali sistem komunikasi termasuk radio Ultra High Frequency (UHF), dan juga Very High Frequency (VHF)/High Frequency (HF), kemampuan komunikasi yang aman, dan Identified Friend or Foe (IFF).

Jokowi naik heli ke lokasi KTT G7 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)Jokowi naik heli ke lokasi KTT G7 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Jokowi naik heli ke lokasi KTT G7 (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Helikopter ini memiliki bobot lebih dari 30 ton dan bisa melaju dengan kecepatan mencapai 276 km/jam. CH-53 dilengkapi power plant 3 General Electric T64-GE-416 turboshaft, yang masing-masing bisa mengeluarkan tenaga 4.380 SHP (Shaft Horse Power).

Helikopter ini bisa terbang hingga ketinggian maksimal 3.000 meter tanpa oksigen tambahan. Soal daya tempuh, CH-53 bisa melaju sejauh hingga 1.000 km.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi akan mengikuti rangkaian KTT G7 mulai dari penyambutan resmi oleh Kanselir Jerman, sesi pertemuan, hingga jamuan makan malam. Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yaitu Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Perdana Menteri Kanada.

Setelah rangkaian KTT G7 selesai, Jokowi akan kembali ke Munich dengan menggunakan helikopter yang sama. Sebagai informasi, Jokowi hadir pada KTT G7 sebagai negara mitra G7 bersama 4 pemimpin lainnya yaitu Presiden Argentina, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Presiden Afrika Selatan. Indonesia hadir sekaligus sebagai Presidensi G20.

Dalam KTT G7 2022 ini, Jokowi akan mendorong negara-negara G7 untuk bersama-sama mengupayakan perdamaian di Ukraina. Selain itu, Jokowi juga mendorong secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan dan krisis energi yang sedang melanda dunia.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ucap Jokowi di Jakarta sebelum keberangkatannya ke Munich, Minggu (26/6), dikutip dari detikNews.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya di Munich yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.



Simak Video "Momen Jokowi Tiba di Munich Jerman, Akan Hadiri KTT G7"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT