ADVERTISEMENT

PO Sinar Jaya Borong 5 Unit Avante H7 Garapan Tentrem, Ini Sasis yang Dipakai

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 27 Jun 2022 12:21 WIB
PO Sinar Jaya rilis armada baru dengan bodi Avante H7
Foto: Instagram @tentrembusofficial. PO Sinar Jaya rilis armada baru dengan bodi Avante H7.
Jakarta -

PO Sinar Jaya merilis armada baru untuk rute AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Tak tanggung-tanggung, ada 5 unit bus baru berbalut bodi Avante H7 yang keluar dari garasi karoseri Tentrem. Lalu apa tipe sasis yang dipakai?

PT Sinar Jaya Megah Langgeng merilis armada baru di bulan Juni 2022. Bus baru Sinar Jaya ini digarap karoseri Tentrem asal Malang dengan menggunakan bodi Avante H7. Bodi ini memakai konsep double glass alias kaca depan ganda yang bikin tampilannya jadi terlihat gagah.

Dari segi tampilan, bus ini menggunakan warna dasar putih yang dihias dengan livery pelangi berbentuk jajaran genjang ciri khas Sinar Jaya. Juga terdapat tulisan 'Avante H7' di kaca belakang dan Air Suspension di kaca samping.

Salah satu daya tarik bus-bus buatan Tentrem adalah desain floating roof alias atap mengambang. Jadi bagian frame depan dan belakang warnanya dibuat samar dengan kelir hitam, sehingga menimbulkan kesan atap melayang tanpa penyangga.

Sementara pada bagian selendangnya dicat menggunakan warna putih, yang bikin tampilan bus ini jadi tambah elegan. Oiya, meski bus ini menganut kaca depan ganda, penumpang tetap bisa mendapatkan visibilitas yang baik karena penyekatnya tidak terlalu tebal, sehingga kesan pandangan luas pun masih bisa terasa. Apalagi bus ini tidak menggunakan stiker di kaca depan.

Sekilas mengenai interiornya, bus baru Sinar Jaya ini menggunakan konfigurasi jok 2+2. Sudah full AC dan dilengkapi fasilitas toilet yang hanya bisa dipakai untuk aktivitas Buang Air Kecil saat kondisi bus berjalan.

Kemudian untuk sasisnya sendiri menggunakan besutan Jepang, yakni Hino RG1JSKA. Sasis ini sudah dibekali suspensi udara atau Air Suspension, tentunya bakal lebih nyaman untuk penumpang yang melakukan perjalanan jauh antar kota.



Simak Video "Ternyata Ini Alasan Bus Sekarang Tak Dilengkapi Pintu Sopir"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT