ADVERTISEMENT

Jokowi Naik Motor Listrik di 'Atas Laut'

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 10 Jun 2022 13:23 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi naik motor listrik Gesits Foto: Instagram @jokowi
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengendarai sepeda motor listrik. Kali ini motor listrik Gesits menjadi pilihan Jokowi jadi bagian agenda penyerahan sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat di Kampung Mola, Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6/2022).

"Jalan menuju perkampungan terapung ini berupa jalan kayu yang hanya bisa dilalui sepeda motor. Karena itu, saya ke sana dengan sepeda motor listrik bersama Ibu Negara. Lumayan juga, 1,5 kilometer," tulis akun instagram Presiden Jokowi dilihat detikcom, Jumat (10/6/2022).

Dalam laman sekretariat kabinet, Presiden Jokowi dan Iriana menyusuri jalan yang terbuat dari kayu di Kampung Mola yang berada di atas permukaan laut. Jalan menuju lokasi tersebut hanya bisa dilalui sepeda motor.

Presiden dan Iriana sebelumnya menaiki mobil jip terbuka menuju Kampung Mola. Mendekati lokasi acara, keduanya kemudian berganti kendaraan dengan berboncengan naik sepeda motor listrik berwarna putih.

Sebagai informasi Kampung Mola sendiri terletak di Pulau Wangiwangi -atau masyarakat sekitar menyebutnya Wanci- di Kabupaten Wakatobi, dan merupakan perkampungan yang dihuni oleh Suku Bajo. Perkampungan terapung ini terletak sekitar 28 kilometer dari Bandara Matahora.

Sementara motor listriknya merupakan merek lokal Gesits. Motor listrik ini sekarang diproduksi di pabrik Cileungsi, Jawa Barat.

Dalam brosur informasi yang disajikan Gesits Bali Pratama, salah satu distributor Gesits. Motor listrik ini memposisikan diri melawan motor berkapasitas 125 cc.

Dituliskan saat Gesits dan motor 125 cc sama-sama sudah menyentuh odometer 15.600 kilometer. Namun biaya tahunan yang dikeluarkan Gesits lebih murah, yakni Rp 653.862/tahun. Sedangkan motor 125 cc Rp 2.507.143/tahun.

Angka tersebut diambil setelah sama-sama menempuh jarak 15.600 km dengan konsumsi energi Gesits 36 km/kWh, dan harga konsumsi energinya Rp 1.487/kWh. Sementara motor 125 cc juga menempuh jarak yang sama, konsumsi BBM-nya 47,6 km/liter, dan harga BBM-nya Rp 7.650/liter.

Menilik kemampuannya, Gesits dibekali motor listrik dengan tenaga puncak 5 kW dan menggunakan baterai Lithium NCM berkapasitas 1.44 KWh untuk 1 baterai den dapat digunakan dengan 2 baterai sehingga dapat berjalan hingga 100 kilometer per satu kali pengisian daya. Waktu pengisian daya antara 3 hingga 4 jam, dengan 30 min pertama dapat menempuh jarak 10 Km.

View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)



Simak Video "Prediksi Jokowi: 800 Juta Orang di Dunia Terancam Kelaparan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT