Deg-degan Banget, Naik Shuttle Bus Listrik Nggak Ada Sopirnya

ADVERTISEMENT

Deg-degan Banget, Naik Shuttle Bus Listrik Nggak Ada Sopirnya

Ayunda Septiani - detikOto
Sabtu, 04 Jun 2022 06:33 WIB
Jakarta -

Lagi ramai dibicarakan bus mungil bertenaga listrik bisa beroperasi tanpa pengemudi. Kendaraan listrik ini berlokasi di kawasan Q Big, BSD City, Tangerang Selatan.

Bus mini ini berasal dari Prancis dengan merek dagang Navya varian Arma, nantinya akan beroperasi di dua titik lokasi yaitu Q Biq BSD dan Kawasan BSD Green Office park.

Fauzi selaku Operator dari mobil listrik menjelaskan bahwa mobil listrik ini memiliki sensitivitas yang tinggi. Sehingga, kendaraan ini aman untuk dinaiki untuk para penumpang.

"Shuttle ini benar-benar mengutamakan keselamatan. Seperti, jika ada benda atau sesuatu yang mengganggu di trek jalanan otonomus shuttle ini akan berhenti secara otomatis dan tidak akan jalan," jelas Fauzi.

Kapasitas otonomus shuttle ini bisa memuat 14 hingga 15 orang. Karena adanya pandemi COVID-19, maka kapasitas maksimal saat ini hanya 7 orang saja.

"Pembagian duduknya itu, 11 orang seating, dan untuk standing 4 orang," tambah Fauzi.

Selain itu, Fauzi juga menjelaskan, otonomus shuttle ini mempunyai peraturan jalan.

"Hujan yang sangat deras di atas 40 persen maka shuttle ini akan disetop, karena mobil ini mempunyai sensor. Dikhawatirkan sensor kalau terkena hujan, dia mendeteksi sesuatu malah jadi berhenti-berhenti. Maka disarankan kita akan setop saat hujan deras," pungkas Fauzi.

(mjt/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT