ADVERTISEMENT

Ini Mobil yang Cocok Pakai Dexlite

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 30 Mei 2022 10:13 WIB
Pertamina resmi meluncurkan bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel terbaru, Dexlite di SPBU. Selama uji pasar, Dexlite dibanderol dengan harga Rp 6.750/liter. Rengga Sancaya/detikcom.
Dexlite cocok digunakan untuk Low SUV dan mobil diesel bermesin teknologi commonrail. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Mengisi bahan bakar pada mobil harus disesuaikan dengan spesifikasi mesinnya. Jangan sampai bahan bakar yang dipilih tidak sesuai spesifikasi karena akan berpengaruh ke performa dari mesin itu sendiri. Untuk mengetahuinya, bisa dilihat dalam buku panduan manual.

Untuk mobil dengan bahan bakar diesel pun demikian. Gunakan bahan bakar diesel dengan angka cetane sesuai dengan spesifikasi mesin. Di Indonesia, tersaji beberapa jenis bahan bakar diesel sesuai dengan kandungan cetanenya.

Salah satu yang cukup populer adalah Dexlite. Untuk bahan bakar diesel, Dexlite bisa dibilang menengah.

Sekadar informasi, Dexlite merupakan bahan bakar diesel dengan angka cetane minimal 51. Angka cetane 51 Dexlite itu lebih rendah dari Pertamina Dex (53) namun lebih tinggi dari solar (48).

Dari segi emisi Pertamina Dex dan Dexlite lebih baik ketimbang Solar, Solar memiliki kandungan sulfur maksimal 2.500 ppm, sementara Pertamina Dex maksimal 300 ppm dan Dexlite maksimal 1.200 ppm. Kandungan sulfur yang rendah membuat mesin diesel tidak mengandung endapan berlebih.

Mengutip laman Pertamina Fuels, Dexlite diklaim cocok untuk mobil-mobil Low SUV dan mobil niaga dengan teknologi commonrail. Dengan angka cetane 51, Dexlite disebut tetap memberikan tenaga pada mesin. Di sisi lain harganya juga terjangkau. Kualitasnya diklaim lebih baik kalau dibandingkan dengan solar yang harganya juga jauh lebih murah.

Dexlite dilengkapi dengan Additive Formula sehingga bisa melindungi mesin lebih optimal. Dexlite saat ini dijual dengan harga termurah Rp 12.950 per liter sampai Rp 13.250 per liter tergantung wilayah tempat penjualan.

Harga Dexlite itu lebih murah dari Pertamina Dex yang diketahui memilki angka cetane lebih tinggi. Dexlite tersedia di kota-kota besar dan jalur-jalur antar provinsi.



Simak Video "Mobil Apa Sih yang Boleh 'Minum' Dexlite?"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT