Jurus Polisi Cegah Kemacetan saat Hari Libur Tiba

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 28 Mei 2022 08:45 WIB
Antrean  kendaraan di Tol Jagorawi menuju kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/5/2022). Pada H+1 Lebaran kawasan Puncak Bogor mulai dipadati wisatawan, dan Polres Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas secara situasional sistem satu arah dan sistem lawan arah (contraflow) di Tol Jagorawi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.
Ilustrasi kemacetan Foto: ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Jakarta -

Polri telah menyiapkan sejumlah strategi dalam mencegah kemacetan lalu lintas di sejumlah jalan tol dan tempat wisata pada hari libur kejepit atau saat libur panjang. Sebab, diprediksi banyak masyarakat yang sengaja mengambil cuti untuk menikmati libur panjang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan mengatakan, sedikitnya ada lima strategi atau langkah yang dilakukan pihak kepolisian dalam mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas pada long weekend atau pada hari kejepit, seperti pada hari Kenaikan Isa Almasih.

"Untuk jalan tol, bila terjadi kepadatan tetap akan diberlakukan contraflow terutama di KM 47 sampai dengan 62.500 Tol Jakarta-Cikampek," kata Ahmad melansir Antara.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan jika pemberlakuan contraflow sifatnya situasional melihat kondisi di lapangan. Jika volume kendaraan di dalam tol telah lebih dari 3.000 unit, maka polisi akan memberlakukan rekayasa lalu lintas.

Khusus untuk kawasan di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, polisi akan menerapkan sistem satu arah (one way) dan ganjil genap pada saat pagi dan siang hari.

Ilustrasi Contraflow di Tol Jakarta-CikampekIlustrasi Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek Foto: Dok. Jasa Marga

"Sistem one way dan ganjil genap ini juga situasional, pagi hari untuk kendaraan yang naik ke Puncak, dan siang hari untuk kendaraan yang kembali ke Jakarta (saat hari besar kenaikan Isa Almasih 2022 kemarin)," paparnya.

Lalu, anggota Polri khususnya polres di wilayah akan menurunkan sejumlah personel di lokasi-lokasi objek wisata. Mereka ditugaskan untuk mengurai arus lalu lintas dan melakukan pengamanan di sekitar.

"Langkah yang keempat, meningkatkan patroli terpadu di lokasi-lokasi keramaian. Langkah kontingensi ini dilakukan bersama-sama Tim SAR," ujar Ahmad.

Libur Kenaikan Isa Al Masih atau hari libur kejepit lainnya diyakini jadi momentum bagi masyarakat untuk berlibur ke sejumlah objek wisata. Sat Lantas Polres Bogor kerap menerapkan ganjil genap di jalur Puncak guna mengantisipasi arus lalu-lintas di jalur wisata tersebut.



Simak Video "Ingat! Mulai Hari Ini Korlantas Polri Gelar Operasi Patuh"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)