ADVERTISEMENT

Truk Euro 4 Laku Keras! Hino Dapat Pesanan Tembus 7.500 Unit

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 14 Apr 2022 13:37 WIB
Bus dan truk Hino sudah memenuhi standar emisi Euro4
Hino sudah Euro 4 Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) baru satu bulan merilis produk terbaru yang disesuaikan dengan standar emisi terbaru, Euro 4. Menariknya, permintaan kendaraan komersial ini sudah mencapai ribuan unit.

"Hino merupakan kendaraan komersial pertama di Indonesia yang meluncurkan kendaraan Euro 4, dan sejak pertama kali diluncurkan, saat ini sudah ada permintaan lebih dari 7.500 kendaraan yang masuk ke kami. Ini menandakan antusias besar untuk model terbaru Euro 4," ujar Masato Uchida, Presiden Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) saat konferensi pers di Wisma Indomobil II, Jakarta Pusat, Rabu (13/4/2022).

Seperti diketahui pada peluncuran Maret 2022 lalu, Hino memperkenalkan Light Duty Truck, Medium Duty Truck, dan Heavy Duty Truck dengan standar Euro 4. Chief Operating Officer (COO) PT HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan segmen medium duty truck yang dipegang oleh Hino Ranger masih menjadi tulang punggung penjualan Euro 4.

"Jadi untuk Euro 4 ada sekitar kurang lebih 7.500 permintaan. Di sekitar 5.400-an ada di kategori Ranger. Kemudian kategori Dutro ada di sekitar 2.200-an. Ranger 60 persen 6x4 FM GD," tambah dia.

Dia menjelaskan manisnya angka penjualan ini didorong karena menggeliatnya pembangunan di sektor infrastruktur, batubara dan kelapa sawit. Sementara khusus di wilayah Jabodetabek penjualannya ditopang oleh model Hino Head Tractor.

"Sekarang batu bara juga bagus, nikel juga meningkat naik, konstruksi juga mulai bergerak lagi. FM GD sudah terbukti keandalannya untuk di daerah mining, tambang-tambang," jelas dia.

"Area di Jakarta, Jabodetabek khususnya itu lebih banyak di tractor head. Daerah Sumatera khususnya lebih banyak ke CPO Kelapa Sawit, untuk kategori 2 itu Dutro yang dominan ada di enam roda, bentuk HD136 untuk plantation, kira-kira itu (peta permintaan Euro 4)," urai Santiko.

Saat ini semua kendaraan Hino yang diproduksi sudah dengan teknologi mesin Euro4, mulai light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.

Hino mengatakan sudah menyiapkan semuanya dengan matang, mulai lini produksi, jaringan outlet, sistem teknologi, peralatan teknis, dan layanan purna jual, hingga SDM dan mekanik yang terlatih. Merek truk yang punya pabrik di Purwakarta ini juga mengklaim menjadi market leader di segmen medium duty truck berturut-turut selama 22 tahun hingga saat ini dengan pangsa pasar diatas 50%.



Simak Video "Bus Baru dari Hino Ini Bikin Kaki Sopir Anti Pegal!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT