ADVERTISEMENT

7 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Jalan Tol Jakarta, Ngebut Auto Tilang!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 30 Mar 2022 11:08 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Dalam Kota, Jakarta, Sabtu (26/2/2022). PT Jasa Marga (Persero) Tbk menaikan tarif ruas Jalan Tol Dalam Kota sebesar Rp500 untuk semua golongan mulai Sabtu (26/2), untuk meningkatkan pelayanan serta sebagai wujud kepastian pengembalian investasi bagi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sesuai rencana bisnis. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Catat 7 lokasi ETLE di jalan tol Jakarta (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya turut memberlakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Di wilayah Polda Metro Jaya, akan diterapkan ETLE di 7 lokasi jalan tol.

ETLE di jalan tol ini akan diberlakukan mulai lusa, Jumat, (1/4/2022). Ada dua pelanggaran yang menjadi incaran ETLE di jalan tol, yaitu pelanggaran batas kecepatan (over speed) dan muatan (overload).

Untuk menangkap pelanggaran batas kecepatan akan ada alat speed cam atau kamera untuk mengukur kecepatan.

Speed camera ini dipasang di 5 ruas jalan tol yakni:

  • Tol Jakarta-Cikampek
  • Tol Jakarta-Cikampek Tol Layang MBZ
  • Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta
  • Tol Dalam Kota
  • Tol Kunciran-Cengkareng

Sementara untuk menindak kendaraan yang melanggar muatan atau overload akan ada alat weight in motion (WIM) atau timbangan otomatis anti-truk overload.

Alat WIM ini dipasang di dua ruas tol, yaitu:

  • Tol JORR
  • Tol Jakarta-Tangerang

Jadi, total ada 7 lokasi penerapan ETLE di jalan tol yang meliputi 5 speed camera dan dua lokasi WIM.




Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengatakan, kebijakan ini akan diterapkan pada awal April mendatang. Secara nasional, ada dua kawasan yang akan diberlakukan, yaitu Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatera.

Proses penindakan dilakukan sama seperti ETLE biasa, yaitu dengan merekam kendaraan yang melakukan pelanggaran. Kemudian datanya dimasukkan ke back office Korlantas. Pelanggar kemudian diberi surat konfirmasi, baik secara fisik atau dikirim lewat alamat kendaraan maupun melalui website yang ada.

Simak Video 'Tilang Elektronik di Tol Berlaku 1 April, Soroti 2 Pelanggaran Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT