Sudah Tahu Belum? Deretan Mobil Daihatsu Ini Keluar Negeri Pakai Logo Toyota

Dina Rayanti - detikOto
Rabu, 09 Mar 2022 20:30 WIB
Toyota ekspor mobil ke 4 benua
Mobil ini diproduksi di pabrik Daihatsu dan diekspor dengan logo Toyota. Foto: dok. TMMIN
Jakarta -

Dua pabrik PT Astra Daihatsu Motor di kawasan Sunter dan Karawang tidak cuma memproduksi mobil untuk merek Daihatsu sendiri. Bagi Anda yang belum tahu, Daihatsu juga memproduksi mobil untuk dijual dengan logo Toyota.

Untuk pasar domestik misalnya, ada lima model mobil Toyota yang diproduksi di pabrik Daihatsu. Kelima model itu adalah Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Agya, Toyota Raize, dan Toyota Calya. Kelimanya merupakan kembaran dari mobil Daihatsu untuk model Xenia, Terios, Ayla, Rocky, dan juga Sigra.

Mobil buatan Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri dari Pelabuhan PatimbanMobil buatan Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri dari Pelabuhan Patimban Foto: Tangkapan Layar Youtube

Selain di pasar domestik, saat keluar negeri deretan mobil Daihatsu juga dijual dengan logo Toyota. Mengutip data distribusi ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil Daihatsu yang dikirim dengan merek Toyota adalah Town Ace, Lite Ace, Avanza, Rush, Raize, dan Wigo (Agya).

Mobil Daihatsu juga dikirim ke luar negeri dengan emblem Mazda. Mobil itu dikirim ke Jepang dengan nama Mazda Bongo yang bentuknya menyerupai Gran Max.

Mazda Bongo, Rebadge Daihatsu Gran Max yang Dijual di JepangMazda Bongo, Rebadge Daihatsu Gran Max yang Dijual di Jepang Foto: Dok. Mazda

Sedangkan untuk mobil Toyota yang diproduksi dalam negeri untuk dikirim dengan merek Toyota itu sendiri modelnya antara lain Veloz, Yaris, Vios, Sienta, Innova, dan Fortuner.

Secara total, ekspor mobil di bawah group Toyota pada tahun 2022 ditargetkan mencapai 284.000 unit. Toyota cukup pede dengan peningkatan target lebih dari 51% tersebut karena baru-baru ini mengekspor Veloz.

Pada dua bulan pertama tahun 2022, 44.000 unit mobil dengan logo Toyota telah dikirim ke empat benua di seluruh dunia. Dibandingkan peridoe sebelumnya, capaian ekspor tersebut mengalami peningkatan sebesar 44%. Terlaris ada pada model SUV yakni Fortuner, Rush dan Raize sebesar 22.300 unit.

Toyota Fortuner Jadi Mobil Buatan Indonesia Pertama yang Mengaspal di AustraliaToyota Fortuner Jadi Mobil Buatan Indonesia Pertama yang Mengaspal di Australia Foto: Dok. Toyota

Menyusul setelahnya MPV yang terdiri dari Innova, Veloz, Avanza dengan total 11.800 unit dan 9.900 unit sisanya merupakan hatchback, sedan, dan LCGC.



Simak Video "Jokowi Bangga Mobil Buatan RI Diekspor ke Australia"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/din)