Kapal Kargo Pembawa Ribuan Mobil Terbakar di Lautan, Grup VW Rugi Rp 5,7 T

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 26 Feb 2022 10:40 WIB
CORRECTS CREDIT TO PORTUGUESE NAVY INSTEAD OF AIR FORCE In this undated photo provided by the Portuguese Navy, smoke billows from the burning Felicity Ace car transport ship as seen from the Portuguese Navy NPR Setubal ship southeast of the mid-Atlantic Portuguese Azores Islands. The ships crew were taken by helicopter to Faial island on the archipelago, about 170 kilometers (100 miles) away on Wednesday, Feb. 16, 2022. There were no reported injuries. (Portuguese Navy via AP)
Kapal Felicity Ace pengangkut hampir 4.000 mobil grup VW terbakar di lautan (AP/)
Jakarta -

Kapal Felicity Ace yang membawa ribuan mobil Volkswagen, Porsche, Audi, hingga Lamborghini terbakar di lepas pantai Portugal. Baterai mobil listrik yang ada di kapal menyulitkan pemadaman. Pabrikan asal Jerman itu rugi besar.

Kapal itu membawa hampir 4.000 mobil di bawah naungan Volkswagen Group. Kapal yang terbakar itu mencatat kerugian total karena hampir semua mobilnya rusak. Kerusakan mobil ditanggung asuransi.

"Kami khawatir kebakaran di kapal telah merusak sejumlah besar dari hampir 4.000 kendaraan merek Grup sedemikian rupa sehingga tidak dapat lagi dikirimkan ke pelanggan," kata Volkswagen Group dalam sebuah rilis seperti dikutip Automotive News. "Informasi lebih rinci belum tersedia," lanjut pernyataan itu.

Kapal itu membawa 3.965 kendaraan dari merek VW, Porsche, Audi, Lamborghini dan Bentley yang ditujukan untuk pasar Amerika Serikat.

Total kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai US$338 juta atau setara dengan Rp 6,2 triliun. Dari jumlah tersebut Rp 5,7 triliun di antaranya adalah kerugian akibat terbakarnya mobil-mobil tersebut.

Merek dan dealer VW Group telah menginformasikan kepada pelanggan mereka untuk menemukan solusi. Menurut VW, kerusakan kendaraan ditanggung oleh asuransi.

Kapal Felicity Ace hangus terbakar di Samudera Atlantik. Kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah ini dilaporkan terbakar sejak Rabu (16/2) pekan lalu.Kapal Felicity Ace hangus terbakar di Samudera Atlantik. Kapal kargo pengangkut ribuan mobil mewah ini dilaporkan terbakar sejak Rabu (16/2) pekan lalu. Foto: Portuguese Navy via AP

Kapal Felicity Ace yang terdaftar di Panama terbakar pada 16 Februari dan dilaporkan terombang-ambing di lepas pantai Portugal. Sebanyak 22 awak kapal dievakuasi pada hari yang sama. Gelombang laut yang ganas dan kebakaran menunda operasi penyelamatan.

Beberapa kendaraan Grup Volkswagen di dalamnya adalah kendaraan listrik. Menurut pejabat pelabuhan, baterai lithium-ion pada mobil listrik yang ada di kapal membuat api sangat sulit dipadamkan.

Pada 21 Februari, api padam karena kehabisan bahan untuk dibakar. Tim penyelamat kemudian dapat naik ke kapal.

"Volkswagen sangat lega bahwa, menurut laporan dari perusahaan pemilik kapal, tidak ada orang yang terluka dalam kebakaran itu dan tidak ada tumpahan minyak," kata pernyataan perusahaan itu. "Perusahaan pemilik kapal saat ini melaporkan bahwa tidak ada lagi asap yang terlihat di kapal, tim penyelamat sekarang telah naik ke kapal."



Simak Video "VW Kombi Listrik Mulai Diproduksi, Harganya Bikin Minder"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)