Euro 4 Berlaku April 2022, Isuzu Sebut Sudah Siapkan Diri 10 Tahun Lalu

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 28 Jan 2022 08:31 WIB
Isuzu Sosialisasikan Penerapan Euro 4
Isuzu Sosialisasikan Penerapan Euro 4. Foto: Pool.
Bogor -

Mulai bulan April 2022 ini, pemerintah memberlakukan standar emisi Euro 4 untuk mesin diesel. Langkah ini dipercaya untuk mengurangi emisi gas buang dari hasil pembakaran mesin kendaraan bermotor.

Aturan mengenai standar emisi Euro 4 itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI No. P.20/MENLHK/SETJEN-KUM.1/3/2017. Dengan diberlakukannya standar emisi Euro 4, Isuzu mengklaim sudah menyiapkan diri sejak 10 tahun lalu.

"Pengalaman Isuzu 10 tahun dengan mesin common-rail membuktikan produk Isuzu diterima dengan baik oleh masyarakat dan mekanik Isuzu juga sudah lebih siap. Begitu juga dengan penyediaan suku cadang," kata Product Development Division Head PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) Tonton Eko dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom.

Kesiapan Isuzu menyambut standar emisi Euro 4 itu sudah dilakukan sejak peluncuran Isuzu Giga yang mengaplikasikan mesin common-rail pada tahun 2011. Dealer-dealer pun tetap melakukan sosialisasi penerapan emisi gas buang Euro 4 di wilayahnya.

Untuk menyambut penerapan standar emisi Euro 4, Astra Isuzu Bogor melakukan kegiatan Isuzu Service Clinic di Maseng, Desa Warung Menteng, Caringin, Bogor. Kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan standar emisi Euro 4 yang akan diberlakukan mulai April 2022.

"Ini akan dilaksanakan rutin setiap bulan di beberapa titik strategis operasional truk, namun tidak terbatas Customer Astra Isuzu Bogor," kata Remon Agit Rimang, Kepala Cabang Astra Isuzu Bogor.

Kegiatan ini menarik minat sekitar 30 truk Isuzu yang kebanyakan truk tangki air. Lokasi yang dipilih Isuzu untuk menyosialisasikan standar emisi Euro 4 ini merupakan jalur truk tangki mengambil dan mengantar air bersih pegunungan di Caringin.

Tak cuma sosialisasi, Astra Isuzu Bogor juga menyediakan jasa pengecekan kendaraan dan uji emisi gratis.

"Kelulusan uji emisi memberikan dampak yang baik bagi lingkungan maupun kesehatan kendaraan itu sendiri," katanya.

Dia bilang, pemilik kendaraan Isuzu juga tak perlu datang ke bengkel untuk melakukan servis. Sebab, Isuzu menyiapkan layanan jemput dan servis di lokasi kendaraan beroperasi.



Simak Video "Aturan Emisi Euro 4 Berlaku untuk Diesel, Apa BBM yang Cocok?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)