Indonesia Vs Timor Leste soal Kecelakaan, Jalanan Timor Leste Lebih Mematikan

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 27 Jan 2022 17:54 WIB
Ilustrasi Kecelakaan Mobil
Indonesia vs Timor Leste dalam angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta -

Angka kecelakaan lalu lintas masih sangat tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat jutaan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya.

Laporan WHO menyebutkan, per tahun korban jiwa yang melayang akibat kecelakaan lalu lintas mencapai 1,35 juta orang di dunia..

Dalam laporan keselamatan jalan 2018 yang dirilis WHO, kecelakaan lalu lintas saat ini menjadi pembunuh utama anak-anak hingga anak muda dengan rentang usia 5-29 tahun.

Variasi kematian lalu lintas jalan juga tercermin dari jenis pengguna jalan. Secara global, pejalan kaki dan pengendara sepeda menyumbang 26% dari semua kematian lalu lintas jalan. Pengendara sepeda motor dan penumpang menyumbang 28% dari semua kematian lalu lintas jalan, tetapi proporsinya lebih tinggi di beberapa wilayah, misalnya 43% di Asia Tenggara dan 36% di Pasifik Barat.

Soal rasio angka kematian lalu lintas, Timor Leste lebih tinggi dibanding Indonesia. WHO memperkirakan, angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Timor Leste tercatat sebesar 12,7 jiwa per 100.000 penduduk. Di Timor Leste, jumlah populasinya sebanyak 1.268.671.

Angka kecelakaan di Timor Leste memang jauh lebih sedikit dibanding Indonesia. Berdasarkan catatan WHO, dalam setahun ada 71 kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Timor Leste. Namun, jika dibandingkan dengan populasinya yang sedikit, rasio angka kematian lalu lintas itu lebih besar daripada Indonesia.

Menurut data WHO, Indonesia dengan penduduk 261.115.456 jiwa ini mencatatkan rasio angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas sebesar 12,2 jiwa per 100.000 penduduk. Laporan Global Status Report On Road Safety WHO ini mengambil data kematian akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia pada tahun 2016 yang tercatat sebanyak 31.282 jiwa pada 2016.



Simak Video "Taman Makam Pahlawan Seroja, Saksi Sejarah Bangsa di Luar Negeri, Dili"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)