Aturan Berkendara Selama PPKM Level 2 di Jabodetabek

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 18 Jan 2022 13:44 WIB
DKI Jakarta sekarang kembali berstatus PPKM level 2. Tol Dalam Kota arah Cawang terpantau macet.
PPKM Level 2 di Jakarta. Foto: A.Prasetia/detikcom
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru terkait daerah Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM. Dalam instruksi tersebut, ditetapkan beberapa wilayah yang masuk dalam PPKM level tertentu. Jabodetabek masuk dalam PPKM level 2.

Daftar daerah yang menerapkan PPKM tersebut tertuang dalam Inmendagri Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Bagaimana syarat berkendara di Jabodetabek selama PPKM level 2? Dalam Inmendagri No. 3 Tahun 2022 itu disebutkan, transportasi umum boleh mengangkut penumpang secara maksimal.



Transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan masal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100%. Pesawat terbang juga bisa mengangkut penumpang 100%. Syaratnya, transportasi umum harus menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sementara persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional.

Ketentuan persyaratan perjalanan domestik yang diatur Satgas Penanganan COVI-19 terakhir adalah Addendum Surat Edaran No. 24 Tahun 2021. Ada beberapa ketentuan yang diatur di dalamnya.

Pelaku perjalanan jarak jauh dengan seluruh moda transportasi wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua). Pelaku perjalanan juga harus menyertakan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan

Namun, ketentuan menunjukkan kartu vaksin lengkap dan hasil negatif rapid test antigen dikecualikan untuk perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum dan kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan serta moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluas) dan pelayaran terbatas.

Simak Video 'Sederet Daerah Jawa-Bali yang Terapkan PPKM, Jabodetabek Masuk Level 2':

[Gambas:Video 20detik]



(rgr/din)