45 Tahun Punya Pabrik di Indonesia, Kenapa Bridgestone Tak Produksi Ban Motor?

ADVERTISEMENT

45 Tahun Punya Pabrik di Indonesia, Kenapa Bridgestone Tak Produksi Ban Motor?

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 05 Des 2021 11:10 WIB
Ban Bridgestone Battlax S22
Wujud ban Bridgestone Battlax S22 Foto: dok. Bridgestone
Jakarta -

PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) pada Desember 2021 ini merayakan hari jadinya yang ke-45 tahun di Indonesia. Namun pabrikan ban asal Jepang ini, belum juga memproduksi ban motor Battlax di Tanah Air.

Dalam acara perayaan "45th Anniversary PT Bridgestone Tire Indonesia," pada Kamis (02/12/2021), di kantor pusat Bridgestone Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno mengatakan hingga saat ini mereka masih fokus dalam memproduksi ban mobil sehingga belum dapat memastikan kapan Battlax akan diproduksi di dalam negeri.

"Kita belum bisa jawab sekarang. Karena fokus kami, saat ini produksi dari segi passenger dan juga truck and buses tyres tadi. Jadi itu memang yang menjadi fokus dari kedua pabrik kami," papar Mukiat Sutikno menjawab pertanyaan detikcom tentang kapan Battlax diproduksi di pabrik Bridgestone di Indonesia.

Untuk pasar Indonesia saat ini Bridgestone Indonesia baru menghadirkan produk ban untuk kendaraan roda empat penumpang dan komersil dengan lini model yang beragam.

"Di pasaran Indonesia produk Bridgestone mengisi line up untuk segmen kendaraan kelas menengah, premium, sport, touring, ramah lingkungan, serta produk ban khusus yang ditujukan untuk kendaraan tipe Sport Utility Vehicles," lanjutnya.

Sementara untuk ban motor Battlax belum dipegang oleh PT Bridgestone Tire Indonesia dan masih didatangkan langsung atau impor dari luar negeri. Sehingga tak heran harganya cukup tinggi, jika dibandingkan dengan ban sejenis dari merek lain yang diproduksi di Indonesia.

Salah satu penjual ban motor di Jakarta yang menjajakan dagangannya secara online, menjual ban Battlax tipe SC ring 12 yang notabene untuk motor matic mulai dari Rp 670 ribuan per ban. Sedangkan untuk tipe BT39 ring 14 mulai dari Rp 820 ribuan dan tipe S22 ring 17 untuk motor sport dibanderol mulai dari Rp 2,3 jutaan per ban.



Simak Video "Ganti Ban atau Pelek Lebih Besar Bikin Tenaga Motor Jadi Loyo? "
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT