Ada Rekayasa Lalu Lintas, Sejumlah Ruas Jalan di Jakarta Macet Pagi Ini

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 02 Des 2021 09:43 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di jalan Veteran, Jakarta, Senin (29/11/2021). Diketahui hari ini sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di depan balai kota dan patung kuda Jakarta.
Ilustrasi macet Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Polda Metro Jaya tengah melakukan rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi hadirnya peserta aksi reuni 212 yang datang ke area Monas dan Patung Kuda, Kamis (2/12/2021). Hal ini menyebabkan kemacetan pada sejumlah ruas jalan utama di Jakarta pagi ini.

Sebelumnya, Polisi telah melakukan penutupan jalan menuju Monas dan Patung Kuda meliputi Jalan MH Thamrin, Jalan Agus Salim, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan H Juanda, Jalan Veteran II, Jalan Veteran III, Jalan Veteran I, Jalan Majapahit, Jalan Museum, dan Jalan Budi Kemuliaan.

Semua jenis kendaraan, termasuk TransJakarta, tidak bisa melewati kawasan terbatas itu hingga malam pukul 21.00 WIB. Imbasnya, seluruh kendaraan menuju kawasan Patung Kuda dan Monas akan dialihkan.

Pantauan detikOto di akun Twitter @TMCPoldaMetro, Kamis (2/12/2021) sejumlah arus lalu lintas di beberapa ruas jalan terlihat cukup padat.

Seperti yang terjadi di Traffic Light Kebon Sirih, Jakarta Pusat, terjadi kepadatan menuju arah Tugu Tani. Hal ini imbas dari pengalihan arus lalu lintas yang terjadi di Kawasan Patung Kuda Monas.

Tak hanya itu, situasi lalu lintas juga terpantau padat di Jl. K.H. Mas Mansyur, Jakarta Pusat. Kepadatan terjadi menuju arah Tanah Abang pagi ini.

Kepadatan juga terpantau di Traffic Light Tugu Tani, Jakarta Pusat. Hal ini disebabkan oleh kendaraan yang tidak bisa melewati sejumlah ruas jalan di Kawasan Monas dan Patung Kuda, alhasil kepadatan tak bisa dihindari.


Dikutip dari detikNews, kepadatan juga terjadi di Jl. Ir. Juanda, Jakarta Pusat, yang mengarah ke Stasiun Juanda. Dilaporkan bahwa kemacetan ini menyebabkan sejumlah kendaraan umum nekat melintas di jalur TransJakarta.

Lalu lintas di perempatan Thamrin-Kebon Sirih, Jakarta Pusat, juga mengalami kemacetan. Pengendara dari arah Tanah Abang yang hendak mengarah ke Patung Kuda tampak memadati perempatan tersebut karena akses jalan dialihkan.

Sementara pengendara dari arah Bundaran HI yang ingin mengarah ke Patung Kuda juga diarahkan ke jalan Kebon Sirih. Hal ini membuat perempatan pos polisi Thamrin ini padat merayap.


Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Monas dan Patung Kuda, Jakarta Pusat:

- Kendaraan dari arah Jl MH Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan di Simpang Kebon Sirih.

- Kendaraan dari Jalan Abdul Muis diluruskan, sehingga tidak bisa ke arah Harmoni.

- Kendaraan dari arah Tugu Tani ke Jalan Merdeka Selatan diluruskan menuju Katedral atau ke arah Masjid Istiqlal.

- Kendaraan dari Harmoni ke Istana dibelokkan ke kiri ke Jl Ir H Juanda.

- Kendaraan dari arah Tomang diluruskan atau dibelokkan ke kiri ke arah Kota Tua.

- Jl Veteran I-III ditutup.

(lua/din)