Moeldoko Sebut Jalan Keluar Masalah 'Telur dan Ayam' Mobil Listrik

Ridwan Arifin - detikOto
Jumat, 26 Nov 2021 17:58 WIB
Direktur Utama PT Riau Andalan Pulp and Paper Sihol Aritonang (tengah), Founder PT Mobil Anak Bangsa (MAB) Jenderal (Purn) Moeldoko (Kanan), Presiden Direktur MAB Kelik Irwantono (kiri) memberikan keterangan seusai penyerahan bus listrik di Jakarta, Selasa (31/8/2021). Sebagai upaya menekan emisi di lingkungan perusahaan dan mendukung program pemerintah, Grup APRIL menggandeng PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dalam menyediakan dua bus listrik (electric bus) untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan.
Ilustrasi kendaraan listrik Foto: dok. MAB
Jakarta -

Ayam atau telur, mana yang duluan? boleh dibilang ini adalah tebak-tebakan lama. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan industri serta ekosistem mobil listrik tak akan tercapai jika hanya saling menunggu.

Soal mobil listrik itu, Moeldoko mengandaikan seperti telur dan ayam, yang mana yang lahir duluan. Bila sudah saling menunggu seperti itu, bisa-bisa Indonesia terlambat menerapkan penggunaan kendaraan listrik.

"Bagaimana memecahkan problem antara ayam dan telur. Masing-masing harus berani. SPKLU harus maju, produsen berani maju. Nanti akan bertumbuh. Tapi kalau saling menunggu, ya nggak akan jadi-jadi," kata Moeldoko di kawasan Gedung Manajemen ORPPT-BRIN Kawasan Puspitek Serpong, Tangerang Selatan.

Lebih lanjut, Moeldoko menjelaskan untuk memecahkan masalah telur dan ayam pada mobil listrik. Tiga kunci untuk mendorong ekosistem mobil listrik di Indonesia.

"Jangan kita asyik membuat varian, tapi terlambat bagaimana meningkatkan kualitasnya," kata Moeldoko.

"Quality-nya ada di mana, satu ketahanan baterai. Kedua, charging, ketiga jaraknya. Baterainya ringan, jaraknya jauh, chargingnya cepat. Itu yang kita kejar," imbuh dia.

Moeldoko termasuk figur yang diketahui ikut berkecimpung langsung di industri kendaraan listrik. Dia bahkan didapuk sebagai Ketua Umum Periklindo (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia) hadir sebagai wadah yang menampung kepentingan para pelaku industri kendaraan listrik di Indonesia.

Keterkaitan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dengan kendaraan listrik tak terlepas dari bisnis bus listriknya Mobil Anak Bangsa (MAB).



Simak Video "Ada yang Naik! Ini Daftar Harga Mobil Listrik-Hybrid Terbaru "
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)