GIIAS 2021

Kapan Kia Bawa Mobil Listrik ke Indonesia?

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 16 Nov 2021 14:24 WIB
KIA EV6 GT
Mobil listrik KIA EV6 GT. Foto: Istimewa
Jakarta -

Hingga saat ini Kia belum membawa kendaraan listrik ke Indonesia, baik itu produk mobil listrik yang dijual maupun sekadar kendaraan konsep. Padahal di level global, Kia telah memiliki sejumlah lini produk kendaraan listrik, baik yang berbasis baterai maupun hybrid. Lalu kapan merek asal Korea Selatan itu memperkenalkan mobil listrik pertamanya di Indonesia?

Dijelaskan Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, saat ini Kia masih terus mempelajari rencana membawa mobil listrik ke Indonesia. Menurut Ario, perlu strategi yang tepat dalam memasarkan mobil listrik di Indonesia, karena kendaraan ramah lingkungan belum jadi pilihan utama konsumen saat ini.

"Semua lini lagi kita pelajari. Kita nggak bisa gegabah, terburu-buru, karena kita lihat ini (kendaraan listrik) kan belum jadi kebutuhan utama orang. Rata-rata orang yang beli mobil listrik, misalnya Rp 600 jutaan, itu mereka beli buat senang-senang aja. Ibaratnya beli buat mobil kedua atau ketiga, bukan buat mobil sehari-hari," ungkap Ario di arena GIIAS 2021, ICE, BSD, Tangerang, belum lama ini.

Menyoal lini produk kendaraan listrik Kia, Ario mengatakan Kia global sudah memiliki berbagai model kendaraan listrik, baik itu yang jenis baterai (Battery Electric Vehicle), hybrid (Hybrid Electric Vehicle), maupun yang plug-in hybrid (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

"Kita terus pelajari, apalagi dengan adanya peraturan baru (pemerintah) ini ada kelonggaran untuk elektrifikasi. Kita lagi pelajari soal kendaraan listrik juga, karena EV (Electric Vehicle) itu kan macam-macam, ada hybrid, ada PHEV, ada BEV. Dan Kia (global) sebenarnya punya semua jenis kendaraan listrik itu. Modelnya saya nggak terlalu paham, tapi kalau EV doang itu modelnya ada EV6, Niro, sama Soul. Ke depannya pasti nambah itu. Dan model Kia lainnya juga ada hybrid-nya dan ada yang PHEV juga kan. Nah itu lagi kita pelajari, gimana korelasinya dengan regulasi baru," sambung Ario.

Nah, berbeda dengan Kia, sang saudara--Hyundai--justru begitu agresif memperkenalkan kendaraan listrik di Indonesia. Hyundai tercatat sudah menjual beberapa model mobil listrik baterai, seperti Ioniq dan Kona Electric. Hyundai juga sudah berinvestasi banyak untuk memproduksi kendaraan listrik di Indonesia. Tak hanya itu, Hyundai bersama LG juga sedang membangun pabrik baterai mobil listrik, yang menjadi pabrik baterai mobil listrik pertama di wilayah Asia Tenggara.

(lua/lth)